Mshop-leaderboard-mobile
Consumer Goods

Peran Penting Kondom Dalam Mengontrol Populasi Dunia

Peran Penting Kondom
123rf.com

Berdasarkan laporan terakhir PBB tahun 2017, jumlah populasi masyarakat dunia akan mencapai 9,8 miliar pada tahun 2050. Indonesia diperkirakan akan menjadi negara terbesar ke sembilan penyumbang pertumbuhan populasi tersebut. Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, penguatan kontrasepsi bisa menjadi sebuah solusi.

“Sebagai salah satu alat kontrasepsi yang terjangkau dan efektif untuk mencegah kehamilan, kondom dapat menjadi salah satu pilihan favorit bagi pasangan dalam berkontrasepsi. Bahkan, jika Anda telah menggunakan alat kontrasepsi lainnya, kondom masih penting untuk digunakan guna menjaga diri dari Infeksi Menular Seksual (IMS) maupun HIV,” Ungkap Pierre Frederick, Deputy GM Consumer Healthcare Unit PT DKT International.

Saat ini sedang berjalan Program Kondom Dual Proteksi yang seharusnya lebih digalakkan lagi oleh masyarakat. Mengingat jumlah pengguna kondom di Indonesia saat ini masih belum meningkat secara signifikan, yaitu 3,16% dari jumlah pasangan usia subur peserta KB aktif. Piere juga menambahkan bahwa lebih dari 80% orang yang terinfeksi HIV dan IMS disebabkan oleh aktivitas seksual yang berisiko.

“Untuk itu, sudah seharusnya menjadi perhatian bahwa promosi program Keluarga Berencana yang selama ini hanya menekankan pada pencegahan terhadap kehamilan, harus mulai lebih ditekankan dengan upaya untuk mencegah diri agar terhindar dari HIV dan IMS. Mengingat masyarakat Indonesia belum banyak memperoleh informasi akan pentingnya hal tersebut,” jelasnya.

Banyak masyarakat yang masih menganggap tabu akan pendidikan seksual, stigma terhadap orang yang membeli kondom, hingga keengganan para lelaki memakai kondom merupakan beberapa kendala penyebab kurang berhasilnya program Kondom Dual Proteksi.

Padahal sebagai alat kontrasepsi, kondom memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan jenis kontrasepsi lainnya. Kondom efektif mencegah kehamilan bila digunakan dengan benar. Kondom juga lebih aman, praktis dan terjangkau, serta tidak memiliki risiko hormonal.

Sebagai perusahaan alat kontrasepsi, DKT International terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya penggunaan kondom di Indonesia melalui Sutra dan Fiesta.

“Manfaat kondom sebagai metode kontrasepsi yang terjangkau, mudah digunakan, aman, dan tidak memiliki risiko hormonal menjadi alasan mengapa alat kontrasepsi ini dapat menjadi pilihan favorit bagi pasangan,” tutup Pierre.

Editor: Sigit Kurniawan

 

 

Most Popular








To Top