AMS 2018 Leaderboard
Career

Perilaku Seperti Apa yang Diinginkan Bawahan Kepada Atasan?

Studi bertajuk “Global Leadership Study” dari Dale Carnegie memperlihatkan bahwa lebih dari 30% tenaga kerja di Indonesia akan mencari pekerjaan baru dalam waktu dekat. Sementara, hanya 28% karyawan di Indonesia yang berniat bertahan dalam jangka waktu cukup panjang di perusahaannya.

Cara kepemimpinan dari atasan berperan signifikan terhadap kepuasan kerja dan keinginan karyawan untuk bertahan di sebuah perusahaan. Menurut Joshua Siregar selaku Director, National Marketing Dale Carnegie Indonesia, kepuasan dalam bekerja dan keinginan untuk bertahan di suatu perusahaan dipengaruhi oleh perilaku atasan di tempat karyawan tersebut bekerja.

“Belum sesuainya cara kepemimpinan atasan di Indonesia seperti inilah yang menjadi salah satu faktor karyawan berniat mencari pekerjaan baru,” jelasnya.

Data dari studi tersebut menunjukkan bahwa 85% karyawan menganggap apresiasi dan pujian dari atasan terhadap pekerjaan yang mereka lakukan sangatlah penting, namun pada praktiknya hanya 36% atasan yang melakukannya.

Adanya beberapa perilaku atasan yang mempengaruhi kepuasan karyawan, yaitu kesediaan memberi apresiasi dan pujian yang tulus kepada karyawan, kemauan melihat dari sudut pandang orang lain, menjadi pendengar yang baik, kesediaan mengakui kesalahan, dan mau menghargai kontribusi karyawan.

Terbukti, atasan yang menunjukkan perilaku tersebut mampu meningkatkan kepuasan karyawan. Bahkan, atasan yang ‘berani mengakui kesalahan’ menjadi faktor yang semakin penting mempengaruhi kepuasan karyawan.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X








To Top