Markas Kaskus Leaderboard
Lifestyle & Entertainment

Perjalanan Virgil Abloh, dari Kanye West Hingga Louis Vuitton

Produsen fesyen papan atas Louis Vuitton menunjuk sosok Virgil Abloh sebagai Artistic Director of Louis Vuitton. Abloh akan menggantikan posisi yang selama ini diisi oleh Kim Jones.

Virgil Abloh merupakan nama tenar dalam industri fesyen saat ini. Brand yang dimilikinya saat ini, Off White yang didirikan pada tahun 2013 menjadi salah satu brand streewear yang paling banyak digunakan oleh para penggemar fesyen ala streetwear. Selain itu, nama Abloh juga tampil dengan sederatan brand-brand besar lainnya.

Nama Abloh mulai terkenal di beberapa kalangan ketika ia melakukan kolaborasi dengan rapper ternama, Kanye West. Kala itu, Abloh menjadi desainer untuk beberapa rancangan merchandise resmi milik Kanye West.

Pada tahun 2017, Virgil Abloh melakukan karya ulang pada beberapa sneakers yang dimiliki oleh Nike. Kolaborasi antara Abloh dengan Nike ini melahirkan sepuluh sneakers dengan nama The Ten. Abloh merombak ulang sederatan sepatu ikonik dari Nike, mulai dari Air Jordan 1, Nike Air Max, dan Nike Presto.

Kolaborasi Abloh dengan Nike juga sempat membuat koleksi The Ten sebagai salah satu rilisan sneakers terbaik di tahun 2017. Bahkan, beberapa penggemar sneakers ada yang menjual sepasang sepatu kolaborasi Abloh dengan Nike di eBay dengan harga £1,500. Disebut-sebut Abloh juga akan merilis beberapa produk kolaborasinya dengan Ikea.

Michael Burke selaku Chairman dan CEO Louis Vuitton memuji Abloh sebagai sosok yang memiliki sisi pendekatan kreativitas dan disruptif yang natural. “Hal ini yang membuat sosoknya menjadi sangat relevan. Tidak hanya untuk fesyen, tapi juga dalam budaya populer saat ini,” ujarnya.

Abloh menilai bahwa kunci dari kesuksesan dari Louis Vuitton adalah warisan budaya serta proses kreatif. Abloh menjadi orang kedua di dunia fesyen yang memiliki latar belakang kulit hitam. Sebelumnya adalah Olivier Rousteing di rumah fesyen Balmain.

Penunjukan Abloh menunjukan tren baru dalam industri fesyen kelas atas. Rumah fesyen kelas atas saat ini menganggap fesyen ala streetwear kian serius. Beberapa rumah fesyen, seperti Balenciaga, Gucci, dan Prada mulai memasukan unsur streetwear ke dalam produk-produk mereka. Supermodel papan atas seperti Bella Hadid dan Naomi Campbel juga beberapa kali tampil dalam panggung cat walk mengenakan pakaian yang bertemakan streetwear.

Penunjukan Abloh oleh Louis Vuitton bisa menjadi strategi rumah mode ini untuk menjangkau kalangan millennials. Bisa dibilang millennials saat ini amat mudah terinspirasi dengan sosok-sosok berbakat. Terlebih millennials saat ini merupakan salah satu kelompok dengan daya beli yang cukup makmur.

Bahkan, riset dari The RealReal menunjukan pada hari Abloh ditunjuk oleh Louis Vuitton, pencarian tentang Louis Vuitton meningkat sebanyak 64% dan mencatatkan kenaikan pencarian oleh kalangan millenial pria sebanyak 135%. Hal ini menunjukan penunjukan Abloh sudah mulai berdampak pada nama besar Louis Vuitton.

Editor: Sigit Kurniawan

 

 

MARKETEERS X

Most Popular

HOMEDEC Ads
IIMS 2018 Ads







To Top