Mshop-leaderboard-mobile
Resource & Energy

Perkuat Gamifikasi, My Pertamina Loyalty Program Uji Pasar

My Pertamina Loyalty Card
My Pertamina Loyalty Card

Sebagai pemain besar, PT Pertamina (Persero) tidak lantas jumawa dan anti terhadap inovasi. Kali ini, memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Pertamina meluncurkan My Pertamina Loyalty Program. Inovasi ini berupa kartu dan aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan mereka. Dengan kata lain, Pertamina tengah membangun strategi gamifikasi untuk menjaga retensi pelanggan dengan pelayanan berbasis pada pemberian pengalaman. 

Pada program ini, Pertamina mengajak konsumennya untuk mengumpulkan poin dan berbagai reward. Selain itu, kartu My Pertamina Loyalty adalah sebuah produk e-money. Kartu ini pun telah terhubung dengan banyak merek ritel yang juga ditambah dengan sistem poin. 

“Program ini kami tunjukkan untuk memperkuat kualitas layanan. Dengan kartu ini juga kami akan mengapresiasi pelanggan setia kami,” jelas Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar. 

Saat ini, Pertamina tengah melakukan uji pasar untuk produknya tersebut. Harapannya, inovasi ini bisa diterima dengan baik oleh pelanggan yang menggunakan ponsel pintar berbasis sistem operasi Android. Selain meluncurkan program tersebut, pada GIIAS 2017 menggelar berbagai program promo. Salah satunya pelanggan berkesempatan mengikuti undian #RoadtoJerez hanya dengan membeli produk Pertamina senilai Rp 200 ribu. 

Upaya ini pun semakin memperkuat strategi gamifikasi dari Pertamina. Seperti yang kita ketahui, dengan cara ini akan mendorong pelanggan untuk lebih sering berinteraksi dengan brand. Engagement pun bisa terbangun dengan upaya ini. Tentu, banyak misi yang bisa dikerahkan, mulai dari menjaga retensi pelanggan hingga menumbuhkan advokasi pelanggan. 

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top