Technology

Pertama Kali, Instagram Hadirkan Filter dan GIF Ramadan di Instagram Stories

Photo Credits: Instagram

Ramadan menjadi momentum yang tak ingin dilewatkan Instagram untuk meningkatkan engagement dengan pengguna. Untuk pertama kali, Instagram meluncurkan filter dan GIF bertema Ramadan di Instagram Stories. Bahkan, Instagram Indonesia menggandeng lima kreator lokal untuk menciptakan GIF bertema Ramadan.

Filter bernama Lantern dapat ditemui di opsi Instagram Stories selama 5 Mei-5 Juni 2019. Filter ini menampilkan ornamen bulan sabit bokeh dengan pilihan desain ketika diketuk. Tak hanya filter, Instagram memanfaatkan momentum Ramadan untuk meningkatkan engagement pengguna mereka melalui GIF.

Secara spesifik, Instagram menggandeng lima kreator lokal untuk menciptakan stiker GIF berisikan pesan singkat yang kerap dibagikan pada momen-momen penting di bulan ini, seperti sahur, ngabuburit, dan lain-lain. Kelima kreator tersebut meliputi  thepopo, byputy, Dinda Puspitasari, Irfan Nugroho atau dikenal dengan bulletos, dan Haikal.

Hal ini dilakukan Instagram bukan tanpa alasan. Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar merupakan salah satu pasar terbesar Instagram stories. Menilik data Instagram selama Januari-Juli 2018, terjadi 28% peningkatan penggunaan Instagram Stories selama Ramadan di Indonesia.

“Ramadhan adalah momen spesial yang mendorong interaksi tinggi di antara para pengguna Instagram di Indonesia. Kami melihat penggunaan hashtag #ramadhan dan #bukber melonjak tinggi di Indonesia tahun lalu, maka kami ingin membuat interaksi tersebut menjadi lebih mudah dan menyenangkan lagi di tahun ini lewat filter dan GIF khusus di Instagram Stories. Kami juga senang bisa bekerjasama dengan lima kreator Indonesia lewat inisiatif ini dan kami berharap karya mereka bisa ditemukan dan diapresiasi oleh lebih banyak orang lagi,” ujar Putri Silalahi, Communications Manager, Instagram Asia-Pacific di Jakarta, Senin (06/05/2019).

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top