Mshop-leaderboard-mobile
Resource & Energy

Pertamina Usung Misi Besar Perusahaan di Ajang Pameran

Head of Marketing Communication PT Pertamina (Persero), Dendi T Danianto
Head of Marketing Communication PT Pertamina (Persero), Dendi T Danianto

Di GIIAS 2017, Pertamina menghadirkan tema Innovative Digital Services yang seirama dengan tema acara tersebut, yakni Raise the Future of Mobility. Pada ajang pameran selama 11 hari tersebut, Pertamina membawa beberapa inovasinya, yaitu My Pertamina Loyalty Program dalam bentuk kartu dan aplikasi digital dan berbagai game interaktif.

Di ajang ini, Pertamina bukan sekadar meramaikan pameran tersebut, tetapi membawa misi besar mereka sebagai brand.

“Kami di Pertamina saat ini sedang melakukan strategi besar, yakni digital transformation. Strategi ini dibangun atas tiga elemen, yaitu user experient, improvement process, dan cultural tranformation. Di GIIAS ini kami menjalankan strategi untuk customer experience. Jadi apa yang kami lakukan di GIIAS ini sesuai dengan arah strategi besar yang tengah dibangun Pertamina,” jelas Head of Marketing Communication PT Pertamina (Persero), Dendi T Danianto.

Dendi melanjutkan, transformasi ini dilakukan oleh mereka salah satunya melalui program My Pertamina Loyalty Program tersebut. Program ini sengaja dibangun dalam dua bentuk, kartu dan aplikasi. Tujuannya, Pertamina ingin melakukan evolusi secara bertahap terlebih dahulu sebelum melakukan revolusi besar.

Upaya ini dilakukan agar konsumen mereka mampu mengadopsi inovasi yang dikeluarkan dengan baik. Dendi mengatakan bahwa sampai saat ini, konsumen Pertamina 93% masih menggunakan transaksi tunai. Sebab itu, Pertamina belum melakukan transformasi digital sekaligus.

My Pertamina Loyalty Card

My Pertamina Loyalty Card

Selain loyalty program di atas, Pertamina juga menghadirkan permainan bertajuk Aurgmented Reality Lamborghini #PerfectingYourStyle. Segala komunikasi Pertamina dengan pengunjung pun berbasis pada teknologi digital. Sudah tidak ada lagi brosur cetak yang dibagikan mereka di pameran yang digelar di ICE BSD, Serpong ini.

“Ketika kami perkenalkan program ini, kami mendapatkan pendaftar aplikasi sebanyak 14 ribu pengguna dan top up saldo e-money mereka. Angka ini kami dapat dari 450 ribu pengunjung booth kami. Tujuan kami kemarin itu adalah untuk stress test kinerja dari aplikasi ini. Apakah mampu menampung besarnya trafik,” lanjut Dendi.

Dendi mengatakan bahwa pencapaian ini melebihi ekspektasi mereka. Bagusnya lagi, para pengguna tersebut pun langsung berbagi pengalaman di media sosial mereka. Advokasi gratis bagi Pertamina.

“Di dalam tes pasar ini, My Pertamina sementara masih baru diterima di tujuh SPBU tertentu hingga sebulan ke depan. Selanjutnya, akan ditambah ke 60 SPBU dan secara spesifik baru untuk produk Pertamax Turbo sampai akhir tahun,” imbuh Dendi.

Selain menarik bagi pengunjung, booth dan inovasi yang dibawa oleh Pertamina juga menarik perhatian panitia GIIAS 2017. Pertamina pun membawa dua penghargaan dari GIIAS 2017, yakni Juara 1 dalam kategori Booth Terfavorit non-APM dan Paling Favorit dalam Aktivitas Digital.

Seperti apa keseruan di sana? Berikut berbagai aktivitas yang terjadi di booth Pertamina selama GIIAS 2017:

Pertamina Usung Misi Besar Perusahaan di Ajang Pameran AFG7816-300x200 Pertamina Usung Misi Besar Perusahaan di Ajang Pameran IMG_1037-300x200 Pertamina Usung Misi Besar Perusahaan di Ajang Pameran AFG7807-300x200 Pertamina Usung Misi Besar Perusahaan di Ajang Pameran IMG_7766-300x200 Pertamina Usung Misi Besar Perusahaan di Ajang Pameran IMG_7770-300x200 Pertamina Usung Misi Besar Perusahaan di Ajang Pameran IMG_8172-300x200

Pertamina Usung Misi Besar Perusahaan di Ajang Pameran AFG2658-1024x682

 

Most Popular








To Top