Government & Public Services

Perum Perindo Ajak BUMN Kembangkan Sektor Perikanan

Foto: Rizky Priya | Marketeers

Sebagai salah satu negara dengan wilayah laut yang sangat luas, Indonesia menjadi salah satu negara dengan sumber daya ikan yang melimpah. Sayangnya, belum banyak masyarakat yang bisa merasakan sumber daya ini dengan maksimal. Sebab itu, Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) sebagai BUMN yang memegang sektor perikanan nasional terus berusaha meningkatkan sektor perikanan di Indonesia.

Tema “small innovation, great achievement” diangkat oleh Perum Perindo sebagai cerminan usaha untuk meningkatkan kualitas perikanan di Indonesia. Tema ini diinisiasi oleh Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda.

Di usianya yang ke-29 tahun, menurut Risyanto, Perum Perindo akan melakukan perubahan-perubahan kecil tapi diyakini memiliki pengaruh yang besar untuk kemajuan perikanan di Indonesia.

Salah satu perubahan yang akan dilakukan adalah perbaikan sektor perikanan dari hulu ke hilir. Hal ini meliputi empat lini bisnis Perum Perindo,  yakni kawasan perikanan, budidaya, pengoperasian kapal, dan pemasaran serta pengolahan.

“Hari ini perusahaan memang sudah dewasa. Tapi, sejujurnya selama 25 tahun ini, kami lebih main ke dalam. Selama 25 tahun kami tidak dikenal. Hanya orang yang bekerja di Muara Baru, Belawan, Pekalongan yang tahu Perindo,” ujar Risyanto pada acara pertemuan ke-60 BUMN Marketeers Club di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Untuk mengatasi hal ini, mulai tiga tahun terakhir, Perum Perindo melakukan perubahan. Hal ini disampaikan Risyanto sebagai salah satu pengaruh dari Kementerian BUMN yang mendorong Perum Perindo untuk lebih aktif lagi di industri perikanan.

“Dari dorongan ini, kami kemudian membentuk lini bisnis baru yang meliputi pra produksi, produksi, hingga hilirisasi,” kata Risyanto.

Perum Perindo kemudian mengajak BUMN dalam sektor yang berbeda untuk mendukung memajukan industri perikanan Indonesia. Dukungan berupa kolaborasi dalam berbagai bidang BUMN menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh Perum Perindo.

“Mari berkontribusi di sektor perikanan di bidang masing-masing,” pungkas Risyanto.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top