Grapeshot Leaderboard
Consumer Goods

Philips Fasilitasi Bidan Dengan Aplikasi Mobile

Sumber: www.123rf.com

Royal Philips dan Telkom Group yang terdiri dari Telkom Indonesia, AdMedika, dan TelkoMedika, mengumumkan kolaborasi untuk membantu mengurangi tingkat kematian ibu yang tinggi dengan program telehealth (T-Health). T-Health merupakan solusi telehealth berbasis ponsel pintar yang membantu mengidentifikasi ibu hamil dengan risiko komplikasi. Program ini diluncurkan di Puskesmas Percontohan Twano Entrop, Jayapura, Senin (18/7/2016).

Berdasarkan data Profil Kesehatan Indonesia tahun 2014, hanya 42,76% kelahiran di Papua yang dibantu oleh tenaga medis yang terlatih. Angka ini merupakan yang terendah di wilayah Indonesia Timur, apalagi dibandingkan dengan tingkat cakupan nasional sebesar 90,88%.

Data dari Dinas Kesehatan Papua pada tahun 2014 juga mengungkapkan bahwa Angka Kematian Ibu (AKI) adalah 422/100.000 kelahiran yang juga masih dianggap tinggi jika dibandingkan dengan angka nasional, yaitu 359/100.000 kelahiran.

Kepala Dinas Kesehatan Jayapura Arif Dwi Darmanto menjelaskan inti dari program T-Health adalah mendukung dokter spesialis, bidan dan dokter umum di puskesmas dalam menjaga sekaligus memantau kondisi kesehatan para ibu hamil menggunakan teknologi. Dengan aplikasi Mobile Obstetrics Monitoring (MOM) pada ponsel pintarnya, bidan dapat mengecek kondisi kesehatan ibu hamil di mana pun dan kapan pun.

“Aplikasi ini juga akan terhubung dengan dokter spesialis yang akan membantu mengidentifikasi ibu dengan risiko komplikasi sedini mungkin,” papar Kepala Dinas Kesehatan Jayapura Arif Dwi Darmanto.

Philips bekerjasama dengan Telkom Group untuk memungkinkan layanan MOM dapat digunakan di wilayah yang lebih luas di seluruh Indonesia. Secara pararel implementasi T-Health di daerah lain di Indonesia sudah dipersiapkan dan dalam waktu dekat sudah dapat dijalankan.

Hal ini semakin memperkuat posisi AdMedika sebagai vehicle Telkom Group di industri kesehatan nasional yang memberikan layanan integrated e-Health Solution” ungkap Hesti Nugrahani Direktur Marketing dan Bisnis AdMedika.

Solusi MOM Philips yang kini menjadi komponen inti dari program T-Health ini, merupakan bagian dari strategi Philips dalam memberikan solusi perawatan terkoneksi dengan jangkauan lebih luas dan memungkinkan perawatan terintegrasi  yang berorientasi pada pasien serta sesuai dengan kebutuhan. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Philips dan Telkom Group untuk memberikan akses layanan kesehatan yang lebih mudah dan lebih baik baik bagi masyarakat di Indonesia.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top