Mshop-leaderboard-mobile
Consumer Goods

Ingin Pindah Kerja Setelah Lebaran, Pelajari Dulu Fakta Ini

Pindah Kerja Setelah Lebaran
123rf.com

Banyak yang beranggapan salah satu momentum yang tepat untuk pindah kantor adalah setelah Lebaran. Baru-baru ini Jobplanet merilis hasil riset tentang aktivitas dan kebiasaan para pencari kerja di situs Jobplanet.com menjelang Idul Fitri.

“Momen menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri sering dimanfaatkan oleh karyawan untuk mencari kesempatan kerja yang baru. Umumnya mereka berharap bisa memulai karier di tempat baru setelah hari raya, tanpa kehilangan haknya untuk mendapatkan THR (tunjangan hari raya) dari perusahaan tempat mereka bekerja,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet Indonesia.

Dalam situsnya, Jobplanet menyediakan beragam fitur informasi tentang perusahaan. Fitur informasi tersebut meliputi informasi lowongan kerja, review perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi wawancara. Informasi tersebut bertujuan untuk membantu para karyawan dan pencari kerja dalam mempersiapkan diri meraih karier terbaik sesuai dengan talenta dan harapan mereka.

“Ada hal menarik yang perlu disorot dalam masa menjelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Dalam periode tersebut, kebanyakan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna Jobplanet adalah mengakses laman-laman yang berisi kisi-kisi wawancara kerja di berbagai perusahaan,” ungkap Kemas.

Jumlah kunjungan terbanyak di situs Jobplanet.com menyasar laman-laman berisi informasi wawancara kerja, yakni sebanyak 58% dari total kunjungan. Menyusul di belakangnya adalah jumlah kunjungan ke laman informasi gaji sebanyak 26%, kunjungan ke laman review perusahaan sebanyak 9%, dan laman informasi lowongan kerja sebanyak 7%.

“Hal ini menunjukkan bahwa review perusahaan tidak menjadi perhatian utama para pencari kerja dalam dua bulan terakhir ini. Menjelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, mereka lebih tertarik mempelajari kisi-kisi wawancara kerja di berbagai perusahaan serta mencari tahu rata-rata gaji untuk posisi yang mereka harapkan,” kata Kemas.

Berdasarkan analisis Jobplanet, industri yang paling banyak membuka lowongan pekerjaan dalam periode tersebut adalah industri ritel dan distribusi, dengan jumlah lowongan kerja sebanyak 21% dari total jumlah lowongan kerja yang dipasang di Jobplanet.com. Selain industri ritel dan distribusi, ada beberapa industri lain yang juga banyak membuka lowongan kerja.

Jobplanet menemukan bahwa yang paling menarik perhatian pencari kerja yang juga merupakan pengguna Jobplanet adalah perusahaan-perusahaan di industri manufaktur. Di sepanjang periode menjelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, jumlah kunjungan ke laman-laman perusahaan di industri manufaktur mencapai 12,43% dari total seluruh kunjungan ke situs Jobplanet.

Jika menilik jenis lowongan pekerjaan, tenaga kerja yang paling banyak dicari oleh perusahaan dalam periode menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 2017 adalah tenaga kerja di bidang pengembangan bisnis atau business development, yakni sebanyak 11,69% dari total lowongan pekerjaan yang terdapat di situs Jobplanet.

“Dari riset Jobplanet ini, kita bisa melihat jenis pekerjaan apa saja yang tenaga serta keahliannya paling dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan. Kami berharap informasi terkait dunia kerja yang kami rilis ini tidak hanya bermanfaat bagi para pencari kerja, tapi juga perusahaan-perusahaan serta industri yang terkait,” pungkas Kemas.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top