Transportation & Logistic

Pos Indonesia Ingin Gaet Milenial Jadi O-Ranger

Sumber: Marketeers

Siapa yang tidak tahu Pos Indonesia? Kebanyakan orang tahu bahwa pos merupakan perusahaan yang memberikan layanan pengiriman surat, wesel, dan barang. Namun, apa yang bisa dilakukan pos saat ini? Terlebih lagi melihat perkembangan zaman di mana teknologi mulai canggih dan pertukaran informasi dapat dilakukan dengan cepat.

Sejak didirikan pada tahun 1746, Pos Indonesia saat ini memiliki jaringan yang sangat luas hingga berjumlah sekitar 4.800 kantor pos. Selain itu,mereka juga dilengkapi titik layanan (Point of Sales) mencapai 58.700 titik. Dalam hal ini berbentuk kantor pos, agen pos, mobile postal service, dan lain sebagainya.

Hal itu menjadikan Pos Indonesia sebagai perusahaan pengiriman yang menjangkau seluruh pelosok Indonesia. “Kami bisa dibilang unggul dibandingkan para pesaing yang memberikan pelayanan serupa. Karena, jangkauan kami yang luas dan kami dapat melakukan pengiriman ke luar negeri, yang biasa disebut EMS (Express Mail Service). Di Indonesia hanya Pos yang punya lisensi untuk melakukan pelayanan itu,” jelas Kepala Kantor Pos Jakarta Selatan Hayudi Yulianto, di Grand Atrium Mall Kota Kasablanka dalam acara Jakarta Marketing Week 2019, Rabu (24/4/2019).

Meski bersaing ketat dengan perusahaan dengan bisnis serupa, Pos Indonesia nyatanya terus berinovasi. Sedikit mengadopsi startup yang ada saat ini, Pos Indonesia memperkenalkan O-Ranger. Mereka merupakan mitra Pos Indonesia untuk melakukan layanan penjemputan barang (pick up service).

Hayudi menjelaskan sejak diperkenalkan akhir tahun 2017, O-Ranger telah memiliki cukup banyak mitra. Untuk di wilayah Jakarta Selatan sendiri, sekitar 20 orang terdaftar. Namun, Hayudi berharap jumlah tersebut dapat terus bertambah.

“Kami ingin membuka lapangan pekerjaan. Terlebih lagi untuk para generasi milenial. Tidak sedikit dari mereka yang mengeluhkan susahnya mencari pekerjaan dalam beberapa waktu terakhir. Dengan bergabung ke O-Ranger, bukan tidak mungkin mereka bisa mendapatkan penghasilan yang bahkan melampaui orang-orang yang bekerja di kantor,” ujar Hayudi.

Salah satu mitra O-Ranger dari wilayah Jakarta Selatan, Panca mengungkapkan ia bergabung dengan O-Ranger satu tahun lalu. Dan, kini memiliki 20 pelanggan yang melakukan repeat order dan dalam sehari dapat melayani lima pelanggan rutinnya. Dalam sebulan, Panca mengantongi upah mencapai Rp 6-7 juta.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top