MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Automotive

Potensi dan Tantangan Bisnis DFSK di Jogja

Bisnis DFSK di Yogyakarta

PT Sokonindo Automobile sebagai Agen Pemegang Merek (APM) mobil penumpang DFSK kembali melebarkan sayapnya. Kali ini, Kota Yogyakarta menjadi destinasi berlabuhnya bisnis mereka. Hal secara resmi diumumkan melalui peluncuran diler pertama mereka di Kota Gudeg ini. Diler ini dibangun berkat kerjasama DFSK dengan PT Mitrabuana Citra Abadi (MAC) Jogja. Seperti apa bisnis keduanya di Jogja?

Sebetulnya, DFSK dengan MAC telah memulai bisnis mereka di Jogja sejak setahun silam, tepatnya bulan Oktober 2017. “Bersama MAC, kami bangun diler untuk melayani konsumen di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta dengan layanan 3S (Sales, Service Sparepart),” ujar ujar Permata Islam, Marketing General Manager of Sales Center PT Sokonindo Automobile di diler MAC Jogja, Rabu (12/9/2018).

Di dalam bangunan dua lantai ini, MAC menyediakan showroom dengan ruang pajang berkapasitas hingga delapan unit mobil, ruang tunggu yang nyaman, 12 service stall yang enam di antaranya dilengkapi dengan two-post lift, serta gudang suku cadang seluas 15 meter persegi.

Tak ketinggalan, di dengan luas 1000 meter persegi, dealer ini didukung pula oleh tenaga teknisi terlatih sesuai standar dan kualifikasi dari DFSK. “Pasar di Jogja mulai mengarah ke mobil sport utility vehicle. Ini peluang yang baik untuk DFSK. Kami mencatat ada sekitar 200 unit SUV atau sekitar 15% dari total pasar mobil penumpang yang terjual di Jogja dalam sebulan,” Junaedi, General Manager DFSK Yogyakarta.

Di sisi lain, DFSK pun sudah mendapat respons yang cukup baik dari pasar ini. Hal ini bisa dilihat dari performa DFSK Super Cab yang lebih dulu diperjual-belikan di ssini. Dalam setahun kurang, MAC Jogja telah menjual 75 unit DFSK Super Cab atau mobil pikap DFSK.

“Segmen terbesar kami datang dari pelaku bisnis toko bangunan, industri rumahan dan agen distribusi seperti distributor alumunium,” lanjut Junaedi.

Meski sudah mendapat respons yang cukup baik, Junaedi mengakui bahwa pihaknya tengah menghadapi tantangan soal brand image DFSK. “Untuk urusan desain, fitur dan kualitas produk, konsumen di sini cukup mempercayai DFSK. Soal brand image, terus kami bangun melalui layanan yang baik, salah satunya dengan warranty nasional tujuh tahun dari DFSK,” tutup Junaedi.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top