Technology

Praktikan Community Based Marketing, Ini yang Dilakukan CASIO

Praktikan Community Based Marketing, Ini yang Dilakukan CASIO community
Photo Credit: 123rf

Perusahaan teknologi asal Jepang, CASIO tengah membidik pasar pendidikan Indonesia melalui produk kalkulator ilmiah, CASIO FX-991 ID Plus. Dalam melakukan kegiatan pemasarannya, CASIO mengandalkan pendekatan komunitisasi. Hal ini diimplementasikan melalui kegiatan edukasi.

CASIO pun menggelar beberapa program untuk dunia pendidikan Indonesia, salah satunya program peningkatan dan pengembangan kompetensi guru. Secara regular CASIO berpartisipasi dalam seminar peningkatan kompetensi guru yang diadakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Provinsi DKI Jakarta.

Bekerja sama dengan MGMP Matematika Provinsi DKI Jakarta, CASIO mengadakan seminar untuk para guru Matematika SMA dan SMK se-Jakarta dengan menghadirkan Prof. Dr. ret. nat. Widodo. M.S., Profesor Matematika dari Universitas Gadjah Mada. Sosok profesor ini menjadi salah satu cara CASIO untuk melakukan pendekatan kepada para guru-guru tersebut.

“Untuk mendekati komunitas guru ini, kami butuh role model atau sosok yang dianggap bisa menjadi panutan. Dengan figur tersebut, kami melakukan edukasi dan memberikan wawasan kepada para guru bahwa metode pengajaran matematika telah sangat berkembang dan peranan teknologi semakin penting di dalamnya,” jelas Mutia Meilina, Assistant Education Manager CASIO Singapore Pte, Ltd – Kantor Perwakilan Jakarta.

Widodo menjelaskan selama ini teknik belajar yang menggunakan kalkulator dianggap berdampak buruk bagi siswa. Ini tidak sepenuhnya benar. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan harus dilihat sebagai alat bantu untuk menambah dan meningkatkan kemampuan matematika tanpa meghilangkan proses berpikir, bernalar, berkomunikasi matematika, dan penyelesaian masalah. Kalkulator digunakan untuk menggali kemungkinan alternatif penggunaan metode secara cepat dan solutif

Menurutnya, para guru perlu menyadari penggunaan teknologi kalkulator yang tepat dalam proses pembelajaran. Upaya ini dapat membantu siswa serta guru membuat perhitungan yang lebih cepat sehingga memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan eksplorasi dalam berpikir secara matematis dan melakukan problem solving.

Dalam kesempatan ini, CASIO juga memperkenalkan CASIO FX-991 ID Plus yang merupakan kalkulator ilmiah pertama berbahasa Indonesia. Inovasi ini merupakan hasil kerjasama dengan para pengajar dan ahli pendidikan Indonesia. Selain itu, CASIO FX-991 ID Plus juga dibuat khusus untuk siswa Indonesia sehingga semua notasi matematika dan isi di dalamnya telah disesuaikan dengan kurikulum SMP/SMA/SMK dan Statistik Dasar (Perguruan Tinggi) di Indonesia.

Selain memiliki 451 fungsi dan tampilan format VPAM yang mirip dengan buku tulis, CASIO FX-991 ID Plus memiliki fungsi cek, serta tampilan statistik yang mudah dilihat. Sehingga, siswa yang sedang duduk di bangku sekolah diajak untuk bereksplorasi dalam matematika lebih jauh lagi. Menariknya, siswa dapat melakukan pengecekan terhadap perhitungan yang telah dilakukan.

“Casio FX-991 ID Plus akan menganalisis jawaban tersebut benar atau salah, sehingga guru dapat mengajak siswa untuk tidak malas berpikir dan lebih banyak bereksplorasi dalam pelajaran matematika dengan bantuan kalkulator,” pungkas Mutia.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular








To Top