Government & Public Services

Puspayoga: Istilah Koperasi dan UKM Perlu Dibuat Lebih Kekinian

Pertumbuhan ekonomi harus diikuti demgan pemerataan kesejahteraan. Koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) memiliki peran strategis dalam pemerataan ekonomi tersebut.

Sehingg, pemerintahan Presiden Joko Widodo sangat serius dalam mengembangkan koperasi dan UKM. Sudah banyak kebijakan terobosan yang telah dilakukan. Di antaranya, mengurangi bunga pinjaman untuk UKM.

Dulu, bunga pinjaman untuk UKM mencapai 22%. Sekarang, sudah mencapai 7% dan pinjaman Rp 25 juta tanpa agunan. Program KUR pun sudah meningkat drastis, menjadi Rp 123 triliun.

“Koperasi dan UKM memiliki nilai dan peran strategis bagi pemerataan ekonomi. Jadi, pemerintah pun terus membuat kebijakan yang mendorong dan memberi keadilan pada sektor ini,” kata AA Puspayoga, Menteri Koperasi dan UKM, di acara Penghargaab Natamukti 2018.

Namun, Puspayoga juga mengatakan bahwa ada tantangan psikologis dalam pengembangan koperasi dan UKM. Terutama, ketika menggandeng anak muda. Tantangan itu terkait dengan sebutan bagi koperasi dan UKM itu sendiri yang di mata anak muda kurang menarik.

“Seringkali anak muda tidak mau jadi pengusaha UKM karena istilah UKM. Padahal pemilik UKM itu juga pengusaha, nama kerennya entrepreneur. Jadi, karena yg menonjol UKMnya, anak muda jadi enggan terjun,” katanya.

Begitu juga dengan koperasi, menurut Puspayoga, anak muda kurang tertarik mengembangkan koperasi karena penyebutan koperasi. Di negara-negara lain, koperasi memiliki sebutan Co-op. Sehingga, banyak anak muda yang terlibat. Dan, banyak koperasi-koperasi itu memiliki saham di perusahaan-perusahaan besar.

“Jadi, pekerjaan rumah kita saat ini adalah bagaimana membuat sebutan baru untuk koperasi dan UKM agar menarik anak muda, lebih kekinian,” tambahnya.

Meski begitu, sejak pemerintahan Joko Widodo, rasio wirausaha di negara ini terus meningkat. Tahun 2016 rasionya sudah di angka 3,01%, dari 2% di tahun 2014. “Tahun 2018, belum dihitung, namun saya yakin angkanya naik pesat,” pungkas Puspayoga

MARKETEERS X

Most Popular








To Top