Mshop-leaderboard-mobile
Technology

Raih Dana Eksternal, RajaMobil.com Sasar 1% Penjualan Mobil Baru

Raih Dana Eksternal, RajaMobil.com Sasar 1% Penjualan Mobil Baru rajamobil

Sekarang ini, sudah jamak orang membeli produk secara online, baik itu yang ditawarkan lewat media sosial hingga platform e-commerce. Transaksinya pun bervariasi dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Namun, bagaimana bila transaksinya mencapai ratusan juta rupiah, seperti membeli mobil?

Ternyata, pembelian mobil secara online ini sudah terjadi di sini. Pembelian secara online ini dalam arti dari proses pemilihan mobil hingga ada SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) terjadi di satu platfrorm online. Hal ini sudah terjadi di RajaMobil.com yang menyebut diri sebagai marketplace mobil baru pertama di Indonesia.

“Inilah yang membedakan kami dengan platform jual beli mobil lainnya. Kami adalah marketplace yang mempertemukan pembeli dengan diler resmi, bukan sekadar classified ads,” kata Robert Wardhana, Chairman RajaMobil.com, di Jakarta, hari ini, (06/09/2017).

Ia menambahkan bahwa RajaMobil.com berdiri tahun 2012 dan saat itu masih menawarkan mobil bekas. Kemudian, di tahun 2015 startup ini bertransformasi menjadi marketplace dengan differensiasi yang kuat. RajaMobil.com menjadi konektor antara pembeli mobil baru dengan para diler resmi dan tenaga penjual resmi. “Kedua hal tersebut merupakan syarat utama untuk bergabung dengan RajaMobil,” katanya.

Wong Lok Dien, Chief Executive Officer RajaMobil.com menambahkan bahwa sekarang ini sudah ada 5000 sales dari 800 diler resmi.  Diperkirakan ada sekitar 25 ribu sales mobil dari seluruh diler resmi di Indonesia. “Artinya, sudah ada 20% sales yang bergabung dengan kami dan terus bertambah jumlahnya,” tambah Wong.

Pencapaian dari startup ini pun terbilang bagus. Tahun lalu, di RajaMobil.com terjadi transaksi mobil baru hingga 1.000 unit. Transaksi tersebut menyumbang sekitar 0,1% dari total penjualan mobil nasional dengan nilai transaksi mencapai Rp 200 miliar bila rata-rata mobil seharga Rp 200 juta.

Model bisnis dan kinerja RajaMobil.com ini telah menarik venture capital (VC)  untuk menanamkan modal di startup ini. Pada April 2017, RajaMobil.com telah menyelesaikan putaran pendanaan pertama yang didalamnya ada dua VC, yakni Ideosource dan Stellar Kapital. Tak hanya itu, nama-naama besar pengusaha di negara ini pun mengucurkan dana ke RajaMobil.com. Sebut saja, TP Rahmat dari Triputra Group, Boy Thohir, dan Erick Thohir lewat Beyond Media (Mahaka Group) ikut dalam putaran pendanaan awal ini.

“Nilai pendanaannya di atas US$ 1 juta dan akan kami gunakan untuk memperluas bisnis, penataan teknologi, dan aktivitas pemasaran. Kami berharap bisa mengukuhkan posisi RajaMobil.com sebagai marketplace otomotif lokal terbesar dan terlengkap di Indonesia dan meningkatkan kontribusi hingga 1% dalam penjulan mobil nasional,” tambah Robert.

Target ini cukup realistis mengingat kepercayaan masyarakat pada jual beli online semakin besar. Di sisi lain, sekitar 72% calon pembeli mobil melakukan survei di internet terlebih dulu. Tak hanya itu, RajaMobil pun menyediakan fitur yang memperkuat kenyamanan pembeli. “Semua proses transaksi bisa dilacak melalui situs kami, termasuk status pengajuan pembiayaan dari leasing. Jadi, tidak perlu khawatir lagi beli mobil secara online. Lebih efisien dan aman,” pungkas Wong.

Most Popular








To Top