Mshop-leaderboard-mobile
Retail & Property

Rambah Bisnis Properti, Taktik Kawan Lama Tekan Pengeluaran

Rambah Bisnis Properti, Taktik Kawan Lama Tekan Pengeluaran ace
Photo Credits: Balibible.guide

Memasuki tahun ke-empat pasca Kawan Lama Retail merambah bisnis properti, sinergi yang kian kuat terlihat dari kehadiran Mall Living World dan Living Plaza di berbagai daerah Indonesia. Memainkan bisnis ritel dan properti menjadi taktik Kawan Lama Group menekan biaya pengeluaran. Lalu, apa saja pencapaian mereka dalam mengkombinasikan dua bisnis ini?

Sinergi Kawan Lama Retail bersama Kawan Lama Group Properti kian terlihat sejak grup properti ini berdiri pada tahun 2013. Kehadiran Living World Alam Sutera menjadi langkah awal sinergi dua bisnis ini. Marketing Director of Kawan Lama Group Nana Puspa Dewi di Jakarta, Jumat (04/08/2017) mengatakan, ini merupakan strategi Kawan Lama untuk memperbesar bisnis mereka dengan menekan biaya pengeluaran.

“Dengan merambah bisnis properti, kami tidak perlu lagi mengalokasikan uang kami untuk membayar perusahaan properti lain. Ketika kami memegang dua bisnis ini sekaligus, kami dapat menekan biaya pengeluaran yang lebih besar,” terang Nana.

Hasil yang cukup positif pasca Kawan Lama Group merambah bisnis properti terlihat dari re-branding Living World Alam Sutera, serta rencana pembukaan beberapa Living World dan Living Plaza di beberapa daerah di Indonesia.

Director of Living World Alam Sutera G.E. Jannywati menjelaskan, Living World Alam Sutera melakukan re-branding pada tahun 2016 dengan mengambil positioning yang cukup berbeda, The New Generation of  Living World: “The Biggest Home Living and Eat-tertainment”.

“Sepanjang tahun 2016 dilakukan rejuvenation, dan berujung pada re-branding Living World sebagai The Biggest Home Living and Eat-tertainment Center. The New Generation of Living World dengan tiga zona berbeda menjadi diferensiasi kami dengan Mall lain,” terang Janny.

Janny mengatakan, Living World Alam Sutera merenovasi zona mereka dengan membagi ke dalam tiga zona berbeda, yaitu The Garden, Loft de Luxe, dan The Market. Tidak hanya itu, Living World juga diisi dengan ACE Hardware terbesar di dunia seluas 15.000, dan Informa terbesar di Indonesia seluas 30.000 m2.

Berangkat dari kesuksesan Living World Alam Sutera, Kawan Lama Group kembali melakukan ekspansi ke berbagai daerah lain di Indonesia. Janny mengatakan, mereka akan segera membuka Living World di Pekanbaru pada tahun 2018, dan Living World berkonsep culture di Bali pada tahun 2020.

Untuk melengkapi seluruh market, Kawan Lama Group mendirikan Living Plaza, Mall yang memiliki tipe lebih kecil dari Living World. Janny menambahkan, Living Plaza berkembang di beberapa kota di Indonesia seperti Tasikmalaya, Semarang, dan Makassar.

Setelah memiliki 10 Living Plaza di Indonesia, bulan September 2017 Kawan Lama Group akan melakukan ekspansi ke daerah lain diawali dengan membuka Living Plaza berkonsep modern di Balikpapan.

Merambah bisnis properti membantu Kawan Lama Group dalam memperluas bisnis mereka. Selain berhasil memperbesar Living World Alam Sutera, cara ini pun berhasil menambah jumlah mal asuhan Kawan Lama Group.

Bagaimana pendapat Anda?

Editor: Sigit Kurniawan

 

Most Popular








To Top