Google Year in Search: 2018 Insights for Brands
Consumer Goods

Selama Ajang 11.11 Rata-Rata Konsumen Habiskan Lebih dari Rp 800 Ribu

Nilai transaksi beberapa e-commerce pada festival belanja 11.11 mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan data ShopBack, tercatat terjadi peningkatan hingga 5 kali lipat dari segi penjualan dibanding periode yang sama tahun lalu.

Indra Yonathan, Country Head of ShopBack Indonesia menyatakan hasil positif pada festival belanja online 11 November lalu. Hasil ini meningkatkan optimisme pelaku e-commerce di Indonesia untuk hasil yang lebih cemerlang lagi di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

“11 November lalu merupakan ajang pemanasan para e-commerce sebelum puncak pesta belanja online terbesar di Indonesia, Harbolnas, yang berlangsung pada 12 Desember mendatang. Peningkatan nilai penjualan ini pun menunjukkan ketertarikan masyarakat Indonesia akan pesta belanja online semakin besar,” kata Indra.

Berdasarkan data ShopBack, rata-rata belanja per pelanggan pada 11 November lalu senilai Rp 840.177 atau naik sekitar 63% dibanding tahun lalu. Data yang sama juga menunjukkan tiga platform e-commerce yang populer selama festival belanja online ini adalah Shopee, Lazada dan Blibli. Adapun waktu yang paling sering dikunjungi pengguna untuk berbelanja pada hari tersebut adalah 09:00- 11:00 pagi dan 11:00-12:00 malam. Sementara itu, kategori produk yang paling banyak dicari pada festival belanja 11 November lalu, meliputi: fesyen, travel, kecantikan dan kesehatan, peralatan rumah tangga dan juga groceries.

Satu contoh semisal Shopee, pada ajang Shopee 11.11 Big Sale. Secara regional, lebih dari 11 juta pesanan tercatat pada 11 November selama 24 jam, meningkat 4,5 kali dari 2017. Lebih dari 42 juta pengunjung tercatat telah menikmati promosi dari semua kategori.

Pada puncaknya, lebih dari 58 ribu produk terjual dalam satu menit. Di Indonesia, pada 11 November merek top dan penjual yang berpartisipasi mengalami peningkatan transaksi hingga 19.309 kali dan rata-rata peningkatan kunjungan hingga 300%.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top