Mshop-leaderboard-mobile
Technology

Review: Menguji Ketangguhan Smartwatch Samsung Gear S3

Samsung Gear S3
Samsung Gear S3

Sekilas melihat smartwatch teranyar milik Samsung, Gear S3, memang menggiurkan. Dari sisi desain, smartwatch ini mampu tampil menawan bak jam tangan mahal pada umumnya. Begitu dinyalakan, nuansa kecanggihannya sudah langsung terasa. Smartwatch ini memang diklaim sebagai penyempurna saudara terdahulunya, Samsung Gear S2. Dengan berbagai riset yang dilakukan, Gear S3 mencoba menjawab keinginan dari pelanggan mereka. Lantas, seperti apa ketangguhan Samsung Gear S3?

Produk ini dihadirkan sebagai inovasi terbaru dari Samsung untuk memperkuat posisinya di pasar perangkat wearable. Hadir dengan desain lebih atraktif, Gear S3 menggabungkan desain klasik dengan teknologi mobile terkini, termasuk IP68 water resistance, built-in speaker, dan GPS.

Review: Menguji Ketangguhan Smartwatch Samsung Gear S3 5-Gear-S3

Built-in Speaker

Samsung Gear S3 tersedia dalam dua desain berbeda, yakni Frontier untuk konsumen sporty dan Classic untuk konsumen yang ingin tampil lebih kasual. Berbagai fitur di dalamnya telah disediakan untuk berbagai aktivitas pemakainya. Mulai dari berolahraga, traveling, hingga menghadapi medan yang ekstrim.

Dalam menunjang kegiatan penggunanya, teknologi GPS pada perangkat ini dapat dipadukan dengan berbagai aplikasi. Misalnya saja, aplikasi S-Health untuk memonitor aktivitas olahraga, atau Glympse untuk membagikan posisi GPS dan memantau secara real time. Bahkan, fitur SOS call juga disematkan di smartwatch ini untuk menajawab kebutuhan penggunanya ketika menghadapi keadaan bahaya. SOS Call akan menyambungkan pengguna Gear S3 dengan nomor yang sudah dimasukkan sebelumnya untuk memberikan sinyal berbentuk SMS ke nomor tersebut. Untuk menggunakan fitur ini, pastikan bahwa smartphone yang terhubung masih memiliki pulsa untuk mengirim SMS dan melakukan panggilan.

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah pengguna perlu mengatur ulang sistem penulisan pada display. Tentu dengan bentuk sangat compact dan berbeda dengan smartphone karena faktor ukuran, proses pengetikan memang sedikit sulit. Tidak ada sistem pengetikan QWERTY karena perangkat ini mengandalkan rekomendasi autotype berbeda antara Bahasa Indonesia dan bahasa lain. Secara default digunakan Bahasa Inggris sehingga ada aplikasi tambahan untuk menggunakan Bahasa Indonesia.

Review: Menguji Ketangguhan Smartwatch Samsung Gear S3 3-Gear-S3

Fitur GPS Gear S3

Samsung juga menyematkan kekuatan perangkat dengan teknologi anti air, military grade durability (Mil-Std 810G), serta Gorilla Glass SR+ untuk meminimalisir goresan pada kaca jam tangan. Teknologi lain seperti Always On Display (AOD) pada layar 16 megapixel yang full color dengan teknologi Super AMOLED. Fitur lain, bezel dapat diputar sebagai pembaruan teknologi dibanding pendahulunya.

Saat mencoba smartwatch ini, Marketeers melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda untuk mencoba fitur S-Health, Glympse, berjibaku di arena paintball, hingga rafting di aliran sungai Citarik Sukabumi. Hasilnya cukup memuaskan. Hasil dari GPS cukup akurat walau membutuhkan koneksi internet yang cukup baik. Smartwatch ini juga cukup kuat untuk sekelas perangkat digital.

Review: Menguji Ketangguhan Smartwatch Samsung Gear S3 2-Gear-s3

Fitur S-Health Gear S3

Tim Marketeers pun mencoba berguling, merangkak, dan terjatuh di medan tanah liat ketika berjibaku bak pasukan perang (paintball). Fitur anti airnya berfungsi cukup baik ketika mengarungi aliran sungai Citarik dengan debit cukup banyak dan kondisi dilanda hujan. Smartwatch tetap bisa beroperasi lancar karena dimodali standar IP68 anti air hingga kedalaman 1,5 meter maksimal 30 menit. Namun satu yang sedikit disayangkan, ketika smartwatch ini diterjang cipratan air sungai dan hujan selama kurang lebih dua jam lamanya di arena jeram, speaker terasa sember sejenak dan kembali normal setelah beberapa saat.

Review: Menguji Ketangguhan Smartwatch Samsung Gear S3 4-Gear-S3

Water Resistance IP-68

Baterai dari smartwatch ini juga cukup kuat untuk mendukung aktivitas sehari penuh seperti di atas. Meski pun perangkat ini cukup tangguh dan kuat, namun masih dipertanyakan kekuatan tali jamnya. Tersedia dalam pilihan berbahan karet dan leather, memang menyajikan tampilan elegan dan sporty. Namun, khusus bertali leather,  agaknya kurang cocok untuk dibawa aktivitas untuk berkotor-kotoran karena akan meninggalkan bekas. Mungkin atas alasan tersebut, Samsung menyediakan beberapa jenis dan motif pilihan tali jamnya.

Kali ini Samsung membanderol smartwatch Gear S3 dengan harga Rp 4.999.000.

Most Popular








To Top