Government & Public Services

Rudiantara: Teknologi Tidak Mengubah Pola Hidup Masyarakat

Selama ini, banyak anggapan bahwa teknologi sudah merubah seluruh pola kehidupan masyarakat. Namun, tanpa disadari ternyata yang membuat pola kehidupan masyarakat saat ini berubah bukanlah soal teknologi itu sendiri.

Hal ini diamini oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Dalam acara ICON 2018 di Jakarta, Selasa (13/11/2018) ia menegaskan bahwa teknologi tidak mengubah pola hidup masyarakat. “Teknologi tidak buat kita semua berubah. Yang berubah adalah pola pikir kita,” ujar Rudiantara.

Baginya, apa yang dilakukan saat ini adalah manusia mencoba mencari alat untuk berubah dengan memanfaatkan tekknologi. Ia mencontohkan hal tersebut dengan Go-Jek. Menurut Rudiantara, apa yang dilakukan Nadiem Makarim melalui Go-Jek bukan perkara teknologinya. “Tapi, apa yang dilakukan oleh Nadiem adalah melihat potensi yang ada dari para pelaku ojek pangkalan. baru dia memanfaatkan teknologi untuk mengubahnya.”

Dalam kesempatan yang sama, CEO GDP Venture Martin Hartono juga menjelaskan bahwa yang terpenting saat ini adalah bagaimana mengaplikasikan pola pikir agar masyarakat merasakan pengalaman yang lebih baik.¬†Menurutnya, pola pikir memberikan pengalaman yang baik bisa diterapkan dalam seluruh industri. Hal ini yang dilakukan oleh GDP Venture dengan¬† melebarkan portofolio investasinya ke seluruh sektor yang memang membutuhkan pengalaman terbaik bagi seluruh konsumennya. “Sekarang semuanya sudah melebur. Tidak ada batasan ketika Anda memiliki pola pikir yang benar,” ujar Martin.

Saat ini, portofolio GDP Venture sudah tersebar di beragam startup lintas industri baik e-commerce, transportasi, media, kesehatan, dan lainnya. Salah satu nama top yang ada di bawah payung GDP Venture adalah Go-Jek, Blibli.com, Tiket.com, Halodoc, Kumparan, Opini.id, dan nama-nama lainnya.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top