Consumer Goods

RupaRupa.com, e-Commerce Baru Khusus Produk Home & Living

Sumber Gambar: Dok. Rupa.Rupa.com

Tak mau ketinggalan dengan menjamurnya bisnis e-commerce, PT Ace Hardware Tbk melalui anak usahanya PT Omni Digitama Indonesia (ODI) meluncurkan situs e-commerce RupaRupa.com. Situs tersebut menjadi kanal eksklusif bagi produk milik tiga ritel Kawan Lama Grup, yaitu Ace Hardware, Informa, dan Toys Kingdom.

Sampai saat ini, ada sekitar 10.000 unit produk tersaji di RupaRupa.com. Setiap harinya, akan ada 100 produk baru diunggah di situs ini. Padahal, Ace Hardware memiliki 80.000stock keeping unit (SKU), sedangkan Informa mencapai 20.000 unit.

“Artinya, masih banyak produk baru hadir di RupaRupa.com,” kata Teresa Wibowo, Direktur Kawan Lama Retail kepada Marketeers beberapa waktu lalu.

Teresa mengatakan, ke depannya, RupaRupa.com juga akan menjual produk hasil kerja sama dengan vendor lain. “Mungkin, kami akan jual produk furnitur dari vendor lain per Juni 2016,” ujar Teresa yang menyebut dirinya sebagai Chief of Many Things dari RupaRupa.com.

Teresa menerangkan, RupaRupa.com memiliki visi making people’s life better in every life stages. Visi tersebut lah yang menggiring target market yang akan dibidik. Mulai darifirst jobber, pasangan baru menikah, hingga pasangan yang telah memiliki anak dan keluarga. 

“Kami ingin menjadi mitra yang selalu ada dari setiap perubahan momen seseorang di dalam hidupnya,” ucapnya.

Lantas apa yang membedakan RupaRupa.com dengan online retailer lainnya? Teresa menjelaskan, pihaknya fokus menjual produk home & living dalam satu tempat. Informasi berupa spesifikasi dan fungsi dari setiap produk tersaji lebih lengkap.

“Kami menjual produk yang dijual di Ace Hardware dan Informa. Sehingga, kekhawatiran mengenai kualitas produk bukan jadi soal. Sebab, kita tahu, Kawan Lama Retail telah menjual produk berkualitas puluhan tahun lamanya,” akunya.

Salah satu layanan yang diberikan RupaRupa.com adalah STOPS atau store & pick upsalias konsumen bisa mengambil produk yang dibelinya melalui online di di toko yang diinginkan.

Kendati demikian, baru sekitar tujuh toko yang berpartisipasi untuk layanan tersebut, di antaranya Gandaria City, Living world, Mal Artha Gading, BTC Bandung, Living Plaza Semarang, dan Tunjungan Plaza Surabaya.

Ke depan, Teresa bilang, akan lebih banyak lagi toko yang terlibat dalam layanan STOPS ini. “Kami pun memberikan garansi uang kembali selama 14 hari setelah pembelian jika barang tidak sesuai atau rusak,” ujar Teresa.

Tetap Ekspansi

Di sisi lain, Nana Puspa Dewi, Corporate Marketing Director Kawan Lama Retail mengtakan, keberadaan RupaRupa.com tidak berarti bahwa perusahaannya akan mengerem ekspansi toko fisik. Pihaknya akan tetap melakukan ekspansi ritel fisik di seluruh Indonesia.

“Adanya RupaRupa.com adalah complimentary dari bisnis ritel fisik kami. Jadi kami tetap ekspansi,” ungkap Nana.

(Baca Juga: Dua Alasan Kawan Lama Retail Bikin e-Commerce)

Sampai saat ini, Kawan Lama Retail memiliki 120 gerai Ace Hardware, 64 gerai Informa, 130 outlet Chatime, dan 27 gerai Toys Kingdom. Total wilayah ekspansi telah menembus 30 kota nusantara.

Teresa menambahkan, RupaRupa.com merupakan nvestasi jangka panjang perusahaan untuk menangkap peluang masa depan dari asar ritel online Tanah Air.

“Kontribusinya pasti saat ini masih sangat kecil, atau tak jauh beda dari kontribusi pasar ritel online yang sekitar 1%-2% dari total pasar ritel di Indonesia,” ujar Teresa.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top