Resource & Energy

Sambut Generasi Millenial, Pertamina Perkenalkan Bisnis Pakai VR

Sambut Generasi Millenial, Pertamina Perkenalkan Bisnis Pakai VR 37361047_ml

Seiring berkembangnya teknologi dan mudahnya akses infrastruktur, penggunaan Virtual Reality dan Augmented Reality dalam kampanye pemasaran menjadi semakin umum. Beberapa merek di Indonesia juga sudah menerapkan teknologi tersebut, salah satunya adalah Pertamina (Persero).

Perusahaan plat merah ini pernah menyediakan konten promosi dengan menggunakan teknologi VR. Wianda Pusponegoro selaku VP Corporate Communication Pertamina mengatakan, upaya ini dilakukan seiring kebiasaan masyarakat yang tidak bisa lepas dari teknologi. Terutama, di kalangan generasi millenial yang jadi pasar masa kini dan masa depan dari Pertamina.

“Teknologi itu sesuatu yang tak terhindarkan. Teman-teman millenial sudah terlahir dengan teknologi. Begitu lahir, mereka sudah kenal dengan laptop dan iPad. Oleh sebab itu, teknologi banyak digunakan dalam rangkaian kampanye Pertamina,” ujar Wianda.

Pertamina sudah merasakan adanya perubahan kebiasaan sejak lima tahun ke belakang. Pertamina menyadari, saat ini 60% konsumen BBM Pertamina berasal dari generasi millennial. Oleh sebab itu, kemasan dalam promosi juga sudah jauh berbeda dengan keadaan sebelumnya. Menurut Wianda, kalangan millennial yang notebene digital native jauh lebih komunikatif dan visual dari generasi sebelumnya.

Tahun lalu Pertamina mengadakan Pertamina Days Green sebagai acara sosialiasi bisnis Pertamina kepada masyarakat luas. Pertamina memamerkan serangkaian kegiatan bisnisnya baik dari hulu dan hilir ke hadapan masyarakat luas. Kegiatan pengeboran, pengilangan, hingga penjualan dihadirkan langsung secara virtual.

“Kami menggunakan VR untuk membawa suasana kilang minyak Pertamina yang tidak bisa dikunjungi semua pihak, tapi bisa dirasakan oleh para pengunjung melalui VR,” imbuh Wianda.

Editor: Sigit Kurniawan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular








To Top