Automotive

Sambut Kompetisi di 2018, Auto2000 Siapkan Konsep Layanan Baru

Sambut Kompetisi di 2018, Auto2000 Siapkan Konsep Layanan Baru auto2000-THS-Hilux

Menurut data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun lalu, penjualan (wholesale) Toyota di Indonesia mencapai 371.332 unit. Dari total penjualan tersebut, main diler yang berkontribusi terbesar adalah Auto2000.

Diler yang masih satu grup dengan Toyota ini mengantongi pangsa pasar 42% dari total penjualan Toyota. Secara unit, Auto2000 menjual produk Toyota kurang lebih di angka 155 ribu unit. Pencapaian ini ditopang oleh kualitas layanan dan cakupan area yang luas, meliputi Jakarta dan sekitarnya, Bali, Kalimantan, serta Sumatera.

Untuk memperkuat posisinya, pada tahun 2018 ini Auto2000 melakukan beragam terobosan. Dimulai dengan perubahan minor pada logo. Sebelumnya, di bawah logo Auto2000 ada tulisan “Urusan Toyota Lebih Mudah”. Kini, tulisan itu berganti menjadi “Member of Astra”.

“Perubahan ini memang minor, tapi penuh makna. Menegaskan bahwa Auto2000 adalah bagian dari Grup Astra. Bukan sekadar diler yang mengurusi penjualan dan servis mobil Toyota saja. Lebih dari itu, menjadi dikenal sebagai pemberi layanan Toyota terbaik dan memberikan benefit ke konsumen,” kata Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, hari ini (06/02/2018).

Kali ini, Auto2000 juga mempertajam konsep layanannya dengan konsep baru, yakni “Auto2000 Lebih” dengan tagline “Urusan Toyota Lebih Mudah”. Konsep dan tagline ini mewakili dari beragam bentuk layanan yang dikelola dalam satu pintu dengan skala luas dan berkualitas standar Grup Astra. Layanan yang diberikan mulai dari pembelian, kredit, asuransi, tukar tambah, hingga perawatan purnajual. Semua ada dalam satu atap di Auto2000.

Sambut Kompetisi di 2018, Auto2000 Siapkan Konsep Layanan Baru Auto2000-Urusan-Toyota-Lebih-Mudah

Digital

Layanan tidak hanya di tataran offline saja, namun juga sudah lewat teknologi digital. Selain website auto2000.co.id, ada juga aplikasi Auto2000 Mobile yang ada di Android dan iOS. Lewat aplikasi ini, konsumen bisa mendapatkan beragam kemudahan, dari booking service hingga tracking service. Fitur terakhir disebut memungkinkan pengguna mengetahui status pengerjaan kendaraannya yang sedang di servis di bengkel Auto2000.

Pengembangan juga meliputi layanan Toyota Home Service (THS). Sekarang ini, total ada 318 unit THS. Rencananya, Auto2000 akan menambah jumlah THS di sekitaran Jakarta hingga 22 unit. “Kami akan menambah jumlah unit THS sesuai kebutuhan di area tersebut. Sebagai diler, tentunya bisa dengan cepat kami meningkatkan unit THS,” tambah Martogi.

Ia menambahkan, di masa mendatang, tren permintaan servis di lokasi, baik rumah atau kantor, akan terus tumbuh. Dari sisi konsumen, hal ini untuk menghemat waktu mereka karena tidak perlu ke bengkel. Di sisi lain, bagi Auto2000 layanan ini bisa mengurangi pengeluaran untuk membangun outlet servis atau bahkan untuk memperluasnya.

Lalu, dengan adanya penguatan layanan ini bisa mempengaruhi penjualan? Secara umum Martogi melihat tahun ini pasar otomotif akan tumbuh tipis. “Kami harapkan bisa tumbuh antara 5%-7% hingga akhir tahun ini,” pungkasnya.

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top