Technology

Samsung Patenkan Ide TV Tanpa Kabel

Sumber: 123rf

Tidak berhenti berinovasi. Itulah yang terus dicoba oleh Samsung. Setelah beberapa waktu lalu memperkenalkan gawai lipatnya, mereka kini memiliki ide untuk membuat televisi tanpa kabel (wireless). Samsung diketahui telah mendaftarkan hak paten ide mereka tersebut. Mencegahnya diambil perusahaan lain.

Dilansir dari Sun, Samsung menjelaskan bahwa televisi tanpa kabel tersebut nantinya akan beroperasi dengan bantuan batang elektromagnetik yang akan bertindak sebagai stasiun dasar penarik arus. Batangan tersebut dirancang untuk dipasangkan antara televisi dan dinding. Fungsi lainnya adalah soundbar (batangan suara) yang akan menghasilkan ruang gelombang elektromagnetik di mana pun televisi itu diletakkan.

Perangkat untuk mengisi daya tanpa kabel merupakan hal yang umum. Namun, yang membedakannya saat ini adalah potensi kreasi Samsung untuk memberikan jarak antara televisi dengan perangkat pengisi dayanya. Meski jarak tidak akan terlalu berjauhan, dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi. Bukan tidak mungkin perangkat tersebut mampu menjadi pusat pengisi daya dalam satu ruangan.

Beberapa tahun lalu, peneliti dari cabang perusahaan Walt Disney yang disebut Disney Researched menggunakan lapangan magnetik dan mengubahnya menjadi satu ruangan pengisi daya tanpa kabel. Kemajuan seperti itu berarti pada suatu hari, semua perangkat dapat memulai mengisi daya secara otomatis. Caranya, hanya dengan masuk ke dalam ruangan tertentu.

Meski televisi tanpa kabel menjadi konsep yang sangat menarik, hingga kini belum jelas, kapan atau apakah perangkat itu akan benar dibuat. Terkadang, suatu perusahaan memang akan mematenkan ide baru mereka dengan cepat agar tidak ada pesaing yang mengembangkan ide mereka. Walaupun nantinya mereka tidak siap untuk melakukan sesuatu tentang ide mereka.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top