Finance

Sasar Milenial, Sequis Siapkan Produk, Komunitas hingga Agen Khusus

Rencana Sequis menggarap serius pasar milenial akhirnya terlaksana.  Perusahaan asuransi ini menghadirkan M!Power by Sequis melalui produk asuransi M!Protection.

President Director & CEO Sequis Life Tatang Widjaja  mengatakan bahwa M!Power adalah bukti keseriusan perusahaan menjawab tantangan bonus demografi di Indonesia dan upaya memberikan literasi keuangan pada generasi milenial. “Kami ingin dikenal sebagai perusahaan yang peduli dan dekat dengan generasi milenial. Untuk itu, kami membangun M!Power yang dibentuk oleh generasi milenial untuk generasi milenial serta ditawarkan dengan gaya milenial,” ujar Tatang. Unit bisnis baru ini menawarkan produk M!Protection yang dirancang sesuai dengan kebutuhan milenial sehingga tidak ada alasan lagi untuk mengatakan asuransi rumit dan belum dibutuhkan.

Tentunya ada alasan mengapa Sequis menggarap pasar ini. Misalnya jumlah generasi milenial yang diprediksi menjadi kelompok usia produktif dan melebihi kelompok usia tidak produktif. Selanjutnya, generasi milenial ini menjadi mesin pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Generasi milenial Indonesia saat ini haruslah menyiapkan diri agar mampu mandiri dan berfokus pada hal-hal yang baik agar dapat menjadi penerus bangsa,” imbuh Tatang.   Ia menargetkan sampai akhir tahun  2019 M!Power dapat meraih total premi sebesar Rp 8 miliar.

Melalui unit bisnis baru ini, M!Power menghadirkan sebuah komunitas yang akan menjadi cikal bakal agen asuransi milenial yang profesional, yaitu M!Prentice. M!Power juga akan menjadi komunitas bagi milenial yang ingin menjadi entrepreneur, memiliki pendapatan sendiri tanpa batas melalui jalur agen asuransi.

“Di sini para milenial akan dibekali dengan berbagai kemampuan, seperti financialcommunication, dan leadership skill. Serta, pengetahuan lain yang bermanfaat untuk meningkatkan personality branding dari milenial Indonesia yang pastinya bermanfaat saat mereka berada di lingkungan sosialnya dan berguna untuk masa depan mereka,” tambah Tatang.

Sequis optimistis M!Power dapat berkontribusi terhadap peningkatan  jumlah agen perusahaan. Perusahaan menargetkan M!Power dapat menyumbang sampai dengan 900 agen profesional hingga akhir 2019.

Franky Nayoan, Chief Milenial Agency, Training and Business Development Sequis Lifem mengatakan, hingga saat ini asuransi belum menjadi kebutuhan penting bagi kalangan milenial. Menurutnya, generasi milenial kurang memiliki pengetahuan tentang manfaat asuransi dan enggan mencari tahu tentang asuransi. Hingga akhirnya asuransi dibeli pada usia dewasa dan bisa berpengaruh pada tingginya premi.

“Kita tidak bisa menyalahkan generasi milenial jika mereka menganggap asuransi tidak penting dan hanya akan membuang energi bicara tentang asuransi pada mereka jika kita sebagai penyedia asuransi tidak mengerti apa yang mereka butuhkan,” katanya.

Franky mengatakan, esensi utama dari M!Power adalah mengajak milenial untuk berwirausaha (entrepreneurship) sedini mungkin. Apalagi milenial memiliki minat yang sangat besar di bidang wirausaha dan M!Power memiliki keunikan, yaitu milenial dapat memiliki kesempatan untuk berbisnis karena millenialpreneurship menawarkan jaringan (networking) yang terstruktur dan ini penting dalam  membangun setiap bisnis.

“M!Power menghadirkan  bentuk kewirausahaan yang kami sebut dengan istilah millenialpreneurship. Kami percaya generasi milenial adalah generasi yang senang bekerja namun menyukai kebebasan. Dalam konsep yang kami tawarkan pada millenialpreneurship, milenial dapat memiliki fleksibilitas, kebebasan dalam bekerja, dan memiliki jaringan (networking) yang luas di masyarakat. Namun, kesempatan ini  dapat mereka peroleh jika memiliki mental yang disiplin, pantang menyerah, dan selalu bersemangat,” tambah Franky.

M!Protection sendiri adalah produk asuransi untuk usia milenial dari 18 hingga 40 tahun. Manfaatnya dapat dipersonalisasikan sesuai kebutuhan milenial dan istilah yang digunakan dalam produk ini sangat mudah dimengerti oleh milenial.

“M!Protection merupakan produk asuransi komplit 6 in 1, memberikan perlindungan atas: biaya harian kamar rumah sakit, cacat total dan tetap, penyakit kritis, disabilitas, dan meng-cover gangguan mental, sepertiObsessive Compulsive Disorder (OCD), Bipolar dan Schizophrenia. Hal ini belum pernah ada sebelumnya pada asuransi lainnya” kata Franky.

Pada produk ini, tersedia tiga pilihan plan dan dapat menjangkau seluruh dunia (worldwide) untuk plan apa pun yang dipilih nasabah. Mengingat produk ini ditujukan bagi milenial, maka premi yang ditawarkan pun terjangkau. Sesuai kemampuan finansial milenial. Dimulai dari plan starter (premi mulai Rp 380.000 per tahun), moderate (premi mulai dari Rp 525.000 per tahun), dan advanced (premi mulai dari Rp1,3 juta/tahun).

Produk ini juga sesuai dengan gaya milenial yang menyukai personalisasiyaitu ada 6 pilihan kuota, mulai dari Rp50 juta, Rp100 juta hingga Rp500 juta. Terdapat 2 kuota untuk masing-masing pilihan produk.

Keistimewaan lainnya adalah terdapat fasilitas pemotongan premi jika tidak ada klaim (no claim discount) khusus untuk nasabah dengan pilihan kuota minimum Rp200.000.000,00 dan potongan premi jika nasabah selalu memperbarui polisnya (renewal discount). Khusus untuk nasabah dengan plan advanced dapat menikmati manfaat bebas premi (waiver of premium) sesuai ketentuan dalam polis.

“Cara kami menawarkan pada nasabah milenial tentu tidak sama dengan nasabah pada umumnya karena menjelaskan asuransi pada milenial membutuhkan gaya dan tools yang sesuai. Kami gunakan game plan dengan mengunakan kartu M!Flow yang menjelaskan mengenai siklus hidup manusia yang selalu ada ketidakpastian dan risiko hidup yang dapat menggerus finansial seseorang,“ kata Franky.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top