MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Romance

Sebelum Terlambat, Bahagiakan Orang Tua Dengan Lima Cara Ini

Ilustrasi: 123rf

Tidak ada balasan yang pantas untuk membayar jasa-jasa kedua orang tua kita, khususnya ibu. Mereka lah yang paling berjasa atas keberhasilan kamu saat ini. Sebagai anak, setidaknya kamu bisa membahagiakan mereka sebisa mungkin. Tidak perlu bingung. Berikut ini beberapa cara sederhana membahagiakan orang tua kamu sebelum terlambat.

  1. Ucapkan terima kasih

Ucapan terima kasih memang terkesan mudah untuk diucapkan, tetapi kapan terakhir kali kamu berterima kasih kepada orang tua kamu dengan? Ucapan terima kasih, sesederhana apa pun itu, akan memberikan kesenangan tersendiri pada orang tua kamu karena mereka merasa dihargai. Tidak ada orang yang tidak suka karena telah dihargai. Sebab itu, mulai biasakan ucapkan terima kasih kepada orang tua kamu.

Misalnya, kamu bisa memuji masakan ibumu dan ucapkan “Ibu terima kasih, masakan ibu selalu enak”

  1. Jaga komunikasi

Kesibukan mungkin menghalangi kamu untuk rutin berkomunikasi dengan orang tua. Mungkin kamu merasa itu adalah hal yang wajar karena orang tua pasti mengerti kesibukan kamu yang memang tidak bisa ditinggal. Tapi, sadarkah kamu bahwa ketika seseorang mencapai usia seperti orang tua kamu, hal yang paling diinginkan adalah teman bicara.

Itulah alasan mengapa orang tua kamu sering mengikuti acara reuni, bergabung dengan grup chat teman-teman sekolahnya dulu, atau mengikuti arisan di lingkungan tempat tinggal. Apabila berbicara dengan teman saja sudah membuatnya bahagia, berbicara dengan anak yang disayanginya tentu lebih membahagiakan lagi.

Selain itu sebaiknya kamu sempatkan untuk menanyakan kabar atau membicarakan perihal kesibukan kamu. Orang tua tentu saja tertarik mendengarkan dan senang melihat anaknya telah berkembang. Hal itu juga memberikan sense of achievement kepada orang tua yang semakin membuatnya bahagia.

  1. Ajak traveling

Ajak orang tua kamu melihat dunia baru. Dunia yang mungkin dikorbankan oleh orang tua kamu dulu untuk membiayai kebutuhan kamu semasa kecil. Manfaat traveling untuk kesehatan mental pun sudah tidak dapat diragukan lagi. Traveling mampu memperkaya pengalaman kam dan orang tua. Tidak hanya di dalam negeri, kam juga bisa mengajak orang tua untuk traveling ke negara-negara tetangga.

Apabila orang tua kamu sudah mulai berumur, maka Malaysia bisa jadi pilihan yang tepat. Adat istiadat Malaysia yang tidak berbeda jauh dengan Indonesia, membuat orang tua kamu tidak perlu banyak menyesuaikan diri. Kuliner di Malaysia pun tidak berbeda jauh dengan kuliner Indonesia sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan halal atau tidaknya makanan tersebut. Kamu pun tidak perlu khawatir soal biaya karena tiket pesawat ke Malaysia kini sangat terjangkau dan banyak maskapai yang menyediakan penerbangan langsung. Sehingga orang tua kamu tidak perlu menunggu terlalu lama.

  1. Ingat tanggal penting

Tanggal penting bagi orang tua kamu adalah hari ulang tahun mereka dan hari ulang tahun pernikahan. Jangan pernah lupa untuk mengucapkan selamat ulang tahun dengan menyampaikan harapan dan doa kamh kepada orang tua. Sediakan pula hadiah untuk orang tua kamu. Tidak perlu mahal-mahal, cukuplah dengan hadiah yang tulus yang kamu berikan kepada orang tua.

Akan lebih baik lagi apabila kado yang kamu berikan memiliki nilai sejarah atau makna tertentu bagi mereka. Misalkan ibu kamu memiliki hobi menjahit, maka kamh bisa membelikan hadiah berupa kain atau bahkan mesin jahit. Misalkan ayah kamh menyenangi mobil-mobil klasik, maka anda bisa memberikan hadiah berupa miniatur mobil klasik. Hal-hal kecil yang menunjukkan bahwa kamu perhatian tentu saja bernilai besar bagi mereka.

  1. Katakan bahwa kamu menyayangi mereka

Kamh mungkin dengan mudah menyatakan cinta atau sayang kepada kekasih, tetapi kapan terakhir kali Anda mengatakannya kepada orang yang paling berhak atas kasih sayang kamu?

Meskipun orang tua kamu pun tahu bahwa anak-anaknya menyayangi mereka tapi apabila mereka mendengar langsung dari mulut kamu, tentu mereka akan lebih bahagia. Karena dengan mengatakannya, maka itu menjadi nyata. Mungkin tidak ditampakkan secara langsung, tapi di dalam hati ada kebahagiaan dan ketenangan yang orang tua kamu rasakan.

Sekarang adalah waktu buat kamu untuk membahagiakan kedua orang tua kamu. Jangan biarkan waktu berhargamu ini diambil orang lain atau diberikan ke panti jompo. Sangat tidak pantas!

So, tidak ada alasan lagi buat kamu untuk tidak ingat orang tua kamu. Sebelum waktumu habis 🙂

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top