Automotive

Hadir Kembali, Seberapa Besar Pasar Suzuki New Smash FI?

Hadir Kembali, Seberapa Besar Pasar Suzuki New Smash FI? SMASH-SR-Hijau
Suzuki New Smash FI

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan kembali salah satu model sepeda motor legendaris di kategori low underbone. Jika Anda masih ingat dengan Suzuki Smash, Suzuki pun menghadirkan kembali motor ini dengan karakter lamanya yang diklaim gesit, kencang, tangguh, dan irit bahan bakar.

Dengan tagline baru “Tarikannya Dahsyat”, Suzuki optimistis motor barunya ini -Suzuki New Smash FI- bisa berbicara banyak di segmen motor bebek atau underbone. Namun, apakah segmen ini masih menjanjikan?

Sepeda motor jenis bebek memang terus tergerus oleh kehadiran skuter matik. Namun begitu, pasar ini ternyata masih menyimpan potensi bisnis yang cukup baik. Hal ini terlihat dari masih besarnya minat masyarakat akan produk ini. Menurut data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan motor bebek mencapai 599.542 unit atau mencakup 10,11% dari total distribusi sepeda motor nasional (semua model).

Pasar yang masih mencari karakter motor bebek pun dinilai masih ada. Begitu juga yang dilihat oleh Suzuki, terutama di daerah – daerah yang tingkat pembangunan dan perekonomiannya sedang meningkat seperti pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia bagian Timur. Beberapa wilayah ini dinilai menjadi penggerak kelahiran dan penjualan kembali Suzuki New Smash FI di Indonesia.

Dengan target konsumen berusia dewasa yang memiliki profesi sebagai pekerja atau wirausaha dengan tingkat mobilitas yang tinggi, Suzuki New Smash FI hadir dengan mesin 115cc beserta LEaP Technology (Light, Efficient and Powerful).

Teknologi ini pun dinilai minim gesekan dan menghasilkan tingkat kebisingan rendah. Dipadukan dengan teknologi fuel injection yang dikendalikan oleh ECM (Electronic Control Module), motor ini teruji dapat menghasilkan tenaga yang mumpuni namun tetap minim mengkonsumsi bahan bakar.

Bagasi penyimpanan di bawah jok sebesar 8,0 liter melengkapi tampilan motor yang cukup stylish di segmennya ini. Fitur Safety Shutter Key untuk menjamin keamanan lubang kunci dari tindak kejahatan dengan penutup magnetik juga telah dilengkapi.

Sementara, untuk sasis dan rangkanya, dibuat dengan material yang kuat dan telah teruji di ajang Suzuki Jelajah Negeri. Dalam uji ini, motor dikendarai melintas berbagai daerah dan kontur jalan sejauh ribuan kilometer.

“Suatu kebanggan bagi Suzuki bahwa New Smash FI masih kembali dipercaya dan menjadi kebutuhan dasar transportasi masyarakat, terutama di daerah-daerah selain pulau Jawa. New Smash FI memang sanggup memenuhi persyaratan ketangguhan, keiritan dan kedahsyatan tenaga untuk melintasi berbagai karakter jalan yang menantang,” Yohan Yahya selaku Dept. Head Marketing & Sales 2W, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)

Guna memenuhi respon pasar terhadap Suzuki New Smash FI yang kebanyakan berasal dari perusahaan, SIS menargetkan penjualan sebanyak 500 unit per bulan secara Nasional. Besarnya peluang penjualan pasar ini, membuat SIS melakukan distribusi produk sejak pertengahan Maret 2017 untuk motor yang terdiri dari dua tipe ini.

Soal harga, dua tipe New Smash FI SR (cast wheel atau biasa disebut velg racing) dan New Smash FI R (spoke wheel atau velg jari-jari) masing – masing dibanderol dengan harga Rp 13.650.000 dan Rp 12.850.000.

Suzuki New Smash Fi

Suzuki New Smash Fi

Most Popular








To Top