SMEMBA 2018 Leaderboard
Finance

Sejak Meluncur, Asuransi Mikro dari Astra Life Tumbuh 327%

Produk-produk asuransi mikro Astra Aviva Life (Astra Life) berhasil meraih pertumbuhan signifikan sejak masuk ke pasar. Secara rata-rata pertumbuhan tiga produk asuransi mikro dari Astra Life tumbuh sebesar 327%, dalam periode 2015 – 2017. Pertumbuhan ini salah satu karena adanya pertambahan titik penjualan setiap tahunnya. Produk-produk ini lahir berkat kerjasama dengan Federal International Finance (FIFGROUP).

“Sepanjang tahun 2017 lalu, produk asuransi mikro Astra Life catatkan kinerja yang baik. Itu artinya semakin banyak orang Indonesia yang memiliki perlindungan yang pasti dan sesuai dengan kebutuhan mereka, melalui produk asuransi yang terjangkau harganya dan proses yang mudah, sehingga semakin banyak juga  masyarakat yang bisa Love Life karena sudah terlindungi,” kata Auddie A. Wiranata,  Presiden Direktur Astra Life dalam siaran persnya.

Astra Life menggandeng FIFGROUP sebagai mitra kerjasama dalam menghasilkan dan memasarkan produk asuransi mikro ini karena meyakini perusahaan pembiayaan yang masih satu grup ini memiliki kredibilitas dan pengalaman dalam melayani konsumen mikro yang menjadi nasabah kreditnya. Selain itu, tentunya, FIFGROUP memiliki ratusan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan mengelola jutaan database pelanggan.

Produk asuransi mikro hasil kerjasama Astra Life dan FIFGROUP ini dinamakan SINATRA (Siap Dengan Perlindungan Astra Life). Dengan dua produk pertama yang diluncurkan pada bulan Agustus 2015, yaitu Sinatra PerisaiKu & Sinatra ProteksiKu.

Pada tahap awal di tahun 2015 kedua produk ini didistribusikan di 14 cabang FIFGROUP yang tersebar di Indonesia melalui Customer Relation Executive (CRE) FIFGROUP dengan angka penjualan sampai akhir tahun 2015 sebanyak 4.700 polis dengan penambahan cabang menjadi 27 cabang sampai dengan akhir tahun 2015.

Di tahun 2016, untuk meningkatkan penjualan produk asuransi mikro ini, Astra Life dan FIFGROUP menjalankan strategi penambahan titik penjualan menjadi 48 cabang atau sekitar 20% dari total cabang FIFGROUP di seluruh Indonesia. Selain itu, juga melahirkan tambahan produk asuransi mikro baru yang memberikan manfaat hidup (living benefit) bagi pemegang polis, khususnya dalam menghadapi penyakit tropis seperti Typhus & Dengue Fever. Produk ini diluncurkan pada bulan November 2016 dengan nama produk Sinatra SehatKu 

Dengan kedua strategi tersebut penyebaran asuransi mikro Astra Life pada tahun 2016 pada nasabah FIFGROUP mengalami peningkatan. Angka penjualan pun meningkat sebesar 1083% atau 11 kali pada sisi pendapatan premi dari tahun 2015, menjadi sekitar Rp. 2,8 miliar pada 2016. Jumlah polis di tahun tersebut mencapai 56.000 polis.

Selanjutnya, di tahun 2017 strategi yang dilakukan oleh Astra Life bersama dengan FIFGROUP adalah melakukan penambahan distribusi, menjadi 200 Cabang FIFGROUP. Sekitar 95% dari seluruh cabang FIFGROUP. Hasilnya, di tahun lalu pendapatan premi meningkat 54% dari tahun 2016. Kemudian, meraih polis sebanyak lebih dari 86.000 polis.

“Selain penambahan cabang, pencapaian di tahun lalu juga berkat penambahan tenaga penjual. Bila sebelumnya, penjualan hanya dilakukan oleh CRE. Sekarang melebar ke petugas Credit Colateral Prosessor (CCP) yang ikut menawarkan produk asuransi mikro Astra Life pada saat penyelesaian administrasi pinjaman seperti pengambilan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB),” pungkas Auddie.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top