Mshop-leaderboard-mobile
Technology

Millennials Jadi Pembelanja Rakus Selama Ramadan

BLANJA.com
BLANJA.com

Bulan Ramadan telah usai dan banyak memberikan berkah kepada siapa saja yang menyambutnya. Begitu juga yang didapat oleh para brand, seperti BLANJA.com sebagai pemain e-commerce Tanah Air. Menurut laporan dari BLANJA.com, tahun ini, kegiatan belanja online menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri. Generasi millenials menjadi kalangan terbanyak yang berbelanja online.

Hal tersebut dibuktikan melalui hasil riset dari JakPat kepada 1.000 responden mengenai perilaku belanja online selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri 1438 Hijriah yang mengalami kenaikan cukup signifikan.

Sebanyak 65% responden mengaku berbelanja online satu hingga dua kali selama Ramadan. Dari angka ini, generasi millenials (18 tahun hingga 35 tahun), khususnya kelas menengah, adalah kalangan terbesar yang menyumbang angka tertinggi dalam berbelanja online.

Seperti yang dilansir we are social, penetrasi internet global kini telah melampaui 50% atau setara dengan 3,77 miliar pengguna internet pada tahun 2017. Tingginya pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia juga menjadi salah satu penyebab adanya perubahan perilaku berbelanja masyarakat yang kini cenderung lebih memilih situs atau aplikasi belanja online untuk memenuhi kebutuhannya.

Perubahan perilaku ini didukung juga oleh banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh marketplace. Selain memiliki harga yang kompetitif, belanja online di platform marketplace juga menawarkan banyak kemudahan dan kepraktisan.

Sebagai satu – satunya e-commerce milik BUMN, BLANJA.com juga mengalami dampak positif dari euforia Ramadan dan libur Idul Fitri. Salah satunya adalah kenaikan trafik yang signifikan hingga 98% dari pada bulan sebelumnya. Dan, berbelanja melalui aplikasi (mobile apps) menjadi pilihan sebagian besar konsumen tersebut.

Sepanjang bulan Ramadan, data BLANJA.com menemukan bahwa kategori barang yang paling banyak dicari dan dibeli adalah produk gawai, pakaian, dan juga peralatan rumah tangga yang digunakan untuk menunjang perayaan Idul Fitri.

“Semenjak BLANJA.com bertransformasi dan melakukan perubahan besar, termasuk logo & look and feel Maret lalu, kami mulai tancap gas dan lebih agresif lagi. Tentu saja dengan perhitungan yang matang. Strategi yang kami jalankan memberikan dampak positif terhadap tren transaksi yang meningkat hingga 400%,” ujar CEO BLANJA.com Aulia E Marinto.

Di sisi lain, Faiz Fashridjal selaku Head of Marketing BLANJA.com juga mengaku sudah merencanakan strategi yang tidak kalah menarik untuk tetap mempertahankan performa dan trafik BLANJA.com di bulan Juli. Mengusung kampanye  #JulyJoy “Keseruan Tanpa Batas Untuk Jalani Rutinitas”, BLANJA.com mengajak masyarakat untuk tetap semangat meski harus kembali menjalani rutinitas lewat beragam diskon produk serta penawaran istimewa dari merek dan partner.

Editor: Sigit Kurniawan

 

Most Popular








To Top