Retail & Property

Sejumlah Alasan Ace Hardware Membuka Ritel AceXpress

Ace Xpress Tangerang City

Pemain ritel tengah memutar otak bagaimana perusahaannya dapat bertahan di tengah kondisi VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity) saat ini. Ace Hardware mencoba gaya baru untuk mendulang penjualan, melalui konsep resizing ritelnya yang dilabeli dengan nama Ace Xpress.

Sebenarnya, konsep “ekspress” atau toko yang lebih mungil dari ukuran reguler telah lama dilalukan oleh perusahaan ritel groceries dan FMCG seperti minimarket dan supermarket. Gerai yang lebih kecil memberikan kemudahan perusahaan untuk membuka toko, karena dianggap lebih mudah mencari lokasi.

“Tujuan utama kami membuat Ace Xpress adalah agar kami semakin dekat dengan konsumen. Mereka tak perlu harus jauh-juah ke Ace yang besar untuk memenuhi kebutuhan rumah sehari-hari,” terang Tarisa Widyakrisnadi, Direktur Merchandising Kawan Lama Group, perusahaan yang membawahi gerai Ace Hardware di Indonesia.

Dalam perayaan 150 gerai Ace Hardware di Indonesia, Tarisa menerangkan bahwa membuka Ace Xpress yang lebih kecil, memungkinkan perusahaan untuk membuka gerai di lokasi yang dekat dengan kepadatan penduduk, yaitu kawasan perumahan. Ia bilang, kategori eskpress gerai Ace kurang dari 1.000 m2.

Belum sebulan diluncurkan, Ace Xpress telah membuka dua gerai, yaitu di Tangerang City seluas 600 m2 dan di Jalan Veteran Bintaro. Pihaknya juga akan membuka satu gerai di Greenville Jakarta Barat.

Tentu saja, dengan gerai yang lebih kecil, stock keeping unit atau unit barang yang dijual menyusut, Biasanya, SKU di Ace Hardware reguler mencapai 80.000 unit. Namun, di ACe Xpress, SKU-nya menyusut menjadi 10.000 unit.

“Tentu produk yang dijual adalah produk-produk yang lebih handy, seperti perabotan pecah belah dan lampu. Sementara, jika konsumen ingin mencari bangku taman, bisa ke Ace Reguler,” paparnya.

Berdasarkan, hasil RUPS minggu lalu, PT Ace Hardware Indonesia Tbk mengumumkan akan membuka 15 gerai sepanjang 2018. Tirta mengatakan, dari seluruh gerai itu, akan ada lima gerai yang berkonsep ekspres.

“Kami masih fokus di area Jabodetabek. Kami menganggap keberadaan Ace Xpress tidak akan mengkanibal yang besar,” ujarnya.

Ace Xpress pun akan menjadi salah satu target perusahaan menjalankan konsep omni channel. Apalagi, perusahaan memiliki dua e-commerce, yaitu RupaRupa.com dan satu lagi yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

“Dengan adanya gerai yang lebih dekat dengan pelanggan, kami merasa yakin konsep omni channel akan berjalan,” tutup Tarisa.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top