Lifestyle

Sering Mabuk Kendaraan? Perhatikan Dua Tips Berikut 

Foto: https://www.thegrowthop.com

Mabuk kendaraan bisa melanda siapa saja. Mabuk kendaraan pun bisa terjadi karena disebabkan oleh banyak hal. Jika kamu mengalami mabuk saat berkendara atau mabuk kendaraan, mungkin kamu akan sangat cemas selama perjalanan.

Lalu apa yang harus kamu lakukan ketika mengalami mabuk kendaraan? Coba kamu terapkan dua tips di bawah agar kamu bisa terhindar dari mabuk kendaraan.

1. Ubah Kebiasaan dalam perjalanan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah duduk di kursi bagian depan mobil. Mabuk kendaraan sangat mungkin disebabkan oleh ketidaksesuaian antara apa yang mata kamu lihat dan cara tubuh kamu menginterpretasikan gerak kendaraan. Untuk menghindari kondisi seperti ini, kamu bisa memfokuskan mata pada jalan di depan, sehingga mata dan tubuh kamu dapat menginterpretasikan informasi yang sama.

Selain itu, memfokuskan mata pada titik visual yang tetap di depan kamu akan membantu menjaga mata, telinga bagian dalam, dan saraf tetap terkendali. Agar mata bisa fokus ke satu titik, kamu dianjurkan untuk menstabilkan kepala. Memang terkadang sulit untuk menjaga mata tetap terfokus pada satu titik ketika mobil sedang bergerak.

Tips untuk menstabilkan pandangan, pastikan kepala kamu juga stabil. Sandarkan kepala pada sandaran kepala di belakang kamu agar kepala tetap stabil. Bantal leher juga dapat membantu menjaga kepala–dan juga pandangan kamu–tetap stabil.

2. Ubah Pola Makan

Sebelum berkendara dan melakukan perjalanan jauh kamu dituntut untuk sebisa mungkin menghindari makanan berminyak dan alkohol. Makanan berminyak membuat tubuh cenderung merasakan mual, begitu juga dengan alkohol yang dapat menyebabkan gejala mabuk alkohol yang dapat memperburuk mabuk kendaraan, seperti pusing, sakit kepala, mual, dan berkeringat.

Selanjutnya, kamu dianjurkan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat memperburuk gejala mabuk kendaraan. Pastikan kamu minum banyak air sebelum dan selama berkendara dengan mobil untuk menghindari mabuk perjalanan. Air merupakan cara yang paling baik untuk menghidrasi tubuh. Namun, minuman perisa juga dapat membantu mengalihkan perhatian kamu dari rasa pusing atau mual.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top