SMEMBA 2018 Leaderboard
Consumer Goods

Setelah Spidey, Akankah Iron Man Bakal Jadi Superhero Penjualan Campina?

Peluncuran Campina Iron Man

Campina punya cerita indah dengan karakter superhero. Berkat riset yang mereka lakukan dua tahun silam, Campina menemukan sosok yang mampu menjaga target penjualan mereka, yakni es krim karakter superhero. Bekerja sama dengan Walt Disney, Campina membuat es krim berbentuk karakter superhero dambaan target konsumen mereka. Bukan sekadar untuk penjualan, Campina juga mencoba meningkatkan ekuitas merek mereka dan menjadikan merek Campina sebagai merek kekinian.

Dalam menentukan karakternya, Campina mencoba menangkap euforia masyarakat terhadap peluncuran sebuah film. Misalnya, ketika es krim Iron Man ini diluncurkan, film Avengers: Infinity War tengah menjadi buah bibir masyarakat, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

“Tahun 2017, kami meluncurkan karakter Spider-Man lalu kini Campina punya Es Krim Iron Man. Tidak seperti industri fesyen, es krim tematik tidak hanya hidup sepanjang film diputarkan saja. Umurnya bisa bertahun-tahun,” ujar Brand Manager Campina Mustofa Saadji saat menggelar acara Peluncuran Campina Iron Man dan Nonton Bareng Avengers Infinity War di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pria yang akrab disapa Tofa ini, menceritakan bahwa karakter superhero bisa menarik perhatian target segmen mereka, yakni anak berumur tujuh sampai 13 tahun. Di segmen ini, penjualan es krim karakter Campina tiap tahunnya bertumbuh.

“Sepuluh tahun lalu, kami ambil lisensi penjualan untuk karakter superhero di luar Marvel. Hingga kini produk tersebut masih tumbuh penjualannya. Es krim Spider-Man pun masuk top 10 penjualan kami,” lanjut Tofa.

Yup, segmen ini cukup konsumtif terhadap produk es krim. Mereka adalah segmen dengan daya beli yang cukup kuat karena ditopang dan dimanjakan oleh orang tua mereka. Apalagi untuk sebuah es krim yang memerhatikan sisi kesehatan.

“Pabrik kami telah diaudit sangat ketat oleh Walt Disney sebelum meluncurkan produk ini. Seluruh aspek produksi hingga produk sampai ke tangan konsumen pun dijaga oleh mereka,” jelas Tofa.

Soal kandungan produk pun menjadi perhatian keduanya. Pada es krim Campina Iron Man, produk ini dibuat dengan kualitas terbaik dan kandungan susu yang tinggi namun rendah kalori. Satu buah es krim Iron Man, mengandung tidak lebih dari 100 kalori. Bukan sekadar untuk menjawab regulasi dari Walt Disney, tapi upaya ini merupakan tanggung jawab sosial Campina.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top