Consumer Goods

Sharp dan LG Akan Pindahkan Pabrik ke Indonesia

Sumber: 123RF

Dua merek alat elektronik asal Jepang dan Korea Sharp Corporation dan LG membeberkan rencananya untuk merelokasi pabrik dari Thailand dan Vietnam ke Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bagian rencana kerja sama investasi di Asia Tenggara.

Kabar ini ditanggapi secara positif oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto. Menurut Airlangga, aksi relokasi ini akan mendorong penguatan operasi keduanya di Indonesia.

“Kami sedang memonitor prosesnya. Kami telah berdiskusi dalam waktu panjang mengenai rencana ini,” ujar Airlangga lewat pernyataan resmi.

Lebh lanjut, Sharp melangkah lebih awal dalam mewujudkan rencana relokasi ini. Kepala Direktorat Industri Elektronika dan Telematika Janu Suryanto mengatakan bahwa Sharp akan merelokasi pabrik mesin cuci dua tabung dari Thailand ke Indonesia. Perusahaan ini akan mengawali basis produksi mesin cucinya di Karawang International Industrial City (KIIC).

Sementara itu, produk pertama LG yang akan diproduksi di Indonesia adalah penyejuk ruangan (AC). Perusahaan asal Korea Selatan ini akan memindahkan pabriknya dari Vietnam ke Legok, Tangerang.

“LG akan memulai produksi cepatnya pada tahun ini, mereka menargetkan penjualan AC hingga 25.000 unit pada bulan September 2019 mendatang,” tutup Janu.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top