Grapeshot Leaderboard
Consumer Goods

Shopee: Konsumen Mulai Nyaman Belanja Elektronik Online

Belanja Elektronik Online

Menurut Deloitte Consumer Insights Survey (2017), kategori elektronik telah menjadi kategori favorit ke dua setelah kategori fesyen yang paling banyak dibeli secara online. Hal ini juga turut dirasakan oleh pemain e-commerce, Shopee. E-commerce asal Singapura ini merasakan adanya pertumbuhan signifikan dari orang yang membeli produk elektronik secara online. Shopee mencatatkan peningkatan lebih dari 25 kali lipat untuk total transaksi produk elektronik dibanding awal tahun 2016.

“Secara nilai, barang elektronik itu produk yang lebih mahal bila dibanding dengan kategori produk yang lain,” ujar Christin Djuarto, Director of Shopee Indonesia.

Christin menjelaskan beberapa temuan dari Shopee terkait dengan kebiasaan belanja produk elektronik masyarakat Indonesia.  Sekitar 60% pembelian elektronik di Shopee dilakukan oleh pria, dengan produk yang paling diminati adalah smartphone, peralatan gaming, speaker, dan CCTV. Sementara produk yang paling sering dibeli oleh kalangan wanita adalah produk aksesoris handphone, mesin jahit, mouse, dan polaroid.

Lebih lanjut, Shopee juga menilai bahwa pembelian produk elektronik sudah merata di seluruh daerah di Indonesia, hanya saja Pulau Jawa masih menyumbang mayoritas pembelian. Beberapa hal yang paling banyak di cari di Shopee adalah kipas angin, power bank, laptop, hp murah, dan lampu. Selain itu, keywords dengan pencarian tertinggi untuk brand mencakupi Xiaomi, Samsung, OPPO, Vivo, dan Sony.

“Yang paling banyak dicari adalah smartphone. Sementara yang paling laku adalah smartphone dengan kisaran Rp 1,5 juta. Saya rasa tren ini sama dengan di platform e-commerce lain,” tambah Christin

Shopee menilai bahwa tren pembelian elektronik secara online akan terus berkembang. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jenis produk yang tersedia secara online, dan juga karena kemudahan dan promo menarik yang ditawarkan.

Sementara itu, Kun Arief Cahyantoro selaku  pemerhati e-commerce menjelaskan bahwa kepercayaan pengguna terhadap belanja online di kategori elektronik sudah semakin meningkat. Hal ini juga disebabkan oleh berbagai upaya untuk mewujudkan ekosistem belanja online yang positif dari berbagai pihak terkait. “Tentunya sebagai penyedia platform e-commerce, para pemain harus lebih memahami kebutuhan dan preferensi belanja online penggunanya, sehingga dapat memberikan pengalaman belanja online yang terbaik,” ujarnya.

Terkait dengan tren belanja produk eletronik, Shopee saat ini menggelar  “Shopee Mega Electronics Sale” yang berlangsung sampai 28 Maret 2018.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top