Mshop-leaderboard-mobile
Retail & Property

Shopee Rilis Format Mall, Apa Bedanya dengan Marketplace?

Shopee Mall

Platform belanja online Shopee memiliki bentuk sebagai marketplace, mengkurasi banyak toko online dan menghubungkan langsung dengan konsumen. Namun rupanya Shopee mulai mencoba mengakomodasi kebutuhan brand untuk mendistribusikan produk secara langsung kepada konsumen.

Sehingga kini Shopee tidak hanya sebagai marketplace, tapi juga merambah ke skema bisnis yang disebut Shopee Mall. “Akan ada brand-brand yang secara langsung mendistribusikan produk mereka kepada konsumen. Mereka ini brand yang membuka gerai resmi atau official shop sehingga dijamin barang-barangnya orisinil,” ujar Chief Marketing Officer Shopee Indonesia Handhika Jahja di Jakarta pada Kamis (9/11) 2017.

Keberadaan Shopee Mall akan membuat Shopee kini memiliki dua jenis platform, marketplace yang selama ini memang menjadi ciri khasnya dengan isi mayoritas UKM, dan gerai resmi yang mengkurasi banyak brand. Pasalnya banyak brand sekarang ini memang mengincar platform e-commerce sebagai kepanjangan distribusi langsung kepada konsumen dengan mendirikan official shop.

Seperti halnya Nike yang membuka gerai online resmi di Blibli sampai Xiaomi di Lazada. Semenjak itu banyak brand-brand masuk sebagai salah satu kanal penjualan e-commerce dengan menawarkan produk resmi, orisinil, dan lengkap.

“Karena ada saja konsumen yang mencari brand. Maunya orisinil, terjamin, dan bayar lebih mahal sedikit tidak masalah. Jadi nanti tidak akan ada kanibalisme antara gerai yang sudah ada dengan official shop karena segmennya berbeda. Mereka yang mencari harga lebih miring bisa datang ke marketplace seperti biasa, yang pencari barang lebih eksklusif bisa ke Shopee Mall,” sambung Handhika.

Menurutnya kini sudah ada sekitar 500 brand bergabung dalam kurasi Shopee Mall. Tidak ada perbedaan akses untuk masuk ke sana, karena sudah menyatu langsung dengan aplikasi mobile Shopee, di mana nanti akan ada banner khusus untuk masuk ke mall. Diharapkan Handhika dengan bentuk seperti ini, akan ada kebutuhan saling melengkapi antara marketplace biasanya dengan official shop.

Brand-brand ternama dari banyak sektor mulai dari elektronik sampai FMCG hadir di sini, mulai Huawei, Oppo, P&G, Unilever, sampai operator telekomunikasi XL. Nanti ke depannya Shopee akan terus menambah deretan brand terutama di sektor moms and babies, fesyen, sampai kosmetik.

“Intinya bagi yang mencari barang, bisa ke marketplace. Yang mencari brand, ke Shopee Mall,” tutup Handhika.

Most Popular








To Top