SMEMBA 2018 Leaderboard
Technology

Siap-Siap, Google Segera Luncurkan Smartphone Murah Pixel

Pixel, smartphone besutan Google nampaknya akan segera hadir dengan harga yang lebih murah. Raksasa teknologi ini berencana meluncurkan ponsel Pixel yang lebih terjangkau pada kuartal tiga, menurut laporan Economic Times.

Pixel “murah” itu akan menjadi perangkat Google di kelas midrange yang difokuskan masuk ke pasar yang sensitif terhadap harga, seperti India. The Economic Times juga menyebut bahwa Pixel 3 itu akan diluncurkan di sekitar Diwali.

Diwali adalah festival Hindu yang dirayakan di musim gugur. Tahun lalu, Diwali jatuh pada 19 Oktober ketika Pixel 2 dirilis pada hari yang sama. Sedangkan tahun ini, Diwali jatuh pada 7 November. Artinya, jika laporan itu benar, Pixel 3 akan dirilis pada Oktober atau awal November tahun ini.

Meskipun penjualan Pixel tahun lalu naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya, Google hanya berhasil menjual 3,9 juta unit ponsel tahun lalu. Angka ini kalah jauh jika dibandingkan dengan penjualan raksasa ponsel seperti Apple dan Samsung.

Google mempertimbangkan India sebagai pasar utama Pixel karena banyak pabrikan ponsel Android murah laris dijual di sana, seperti OnePlus dan Xiaomi. Pixel dengan harga murah ini juga menjadi misi Google untuk membawa Android dan internet ke pasar negara berkembang.

Google sebelumnya sudah mengembangkan perangkat lunak Android yang lebih ringan atau “lite” melalui sistem operasi Oreo Go. Nah, sekarang waktunya Google mengawinkan piranti lunaknya itu dengan perangkat keras Pixel.

Selain itu, strategi ini dapat memperluas merek Pixel di seluruh dunia. Meskipun diakui, sulit bagi Google untuk mencetak penjualan setingkat Apple atau Samsung apabila kanal penjualannya terbatas pada segelintir negara maju.

Tidak ada kabar apakah Google berencana untuk merilis Pixel versi murah ini di pasar Amerika Serikat. Yang amat mungkin, Google akan menjual ponsel Pixel-nya ke pasar negara berkembang, salah satunya Indonesia.

Dengan akan bergulirnya konferensi I/O Google, mungkin konsumen bisa mendengar lebih banyak tentang Pixel murah dalam waktu sebulan ke depan.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top