AMS 2018 Leaderboard
Industry

Sports Marketing Tak Sebatas Bola

Source: 123rf

Menggali dunia olah raga sebagai ajang pemasaran memang tidak ada habisnya. Hal ini pun tidak hanya sebatas olahraga bola yang memiliki fans berjibun. Di luar olahraga bola, seperti sepak bola, bola basket, tenis, dan sebagainya, banyak cabang olah raga yang menjadi incaran para pemasar untuk melangsungkan sport marketing-nya. Sebut saja lari yang saat ini marak di gelar di berbagai kota di Indonesia.

Hal inilah yang dilirik salah satu pemain perbankan, CIMB Niaga. Menurut Lani Darmawan, Direktur Consumer Banking PT Bank CIMB Niaga, Tbk., bagi sponsor, sport marketing merupakan vehicle brand atau institusi untuk meningkatkan citra kepedulian mendukung kegiatan hidup sehat serta juga memberikan bonus baik secara branding maupun potensi untuk meningkatkan pemasaran

Lani mengatakan, pemilihan olahraga sebagai salah satu tools marketing tentu tidak tanpa alasan. “CIMB Niaga menyadari, sejak dulu sport memiliki kekuatan untuk memunculkan ketertarikan audiens yang bersifat universal dan multsegmen. CIMB Niaga konsisten melakukan sport marketing untuk menyampaikan pesan pemasaran dengan tujuan akhir untuk meningkatkan brand awareness dan supporting business growth,” ujar Lani.

Dan, CIMB Niaga menyadari olahraga bukan sebatas permainan bola. Beberapa kali CIMB Niaga menggelar sponsorship untuk ajang olahraga, seperti CIMB Niaga Indonesian Masters (2012-2015), The Color Run Presented by CIMB Niaga sejak tahun 2014, serta CIMB Niaga Namaste Festival dan CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship pada akhir 2017.

“Kami sangat terbuka dalam berbagai kegiatan untuk mendukung gaya hidup sehat dan saat ini kami sudah terlibat dalam berbagai kegiatan olah raga termasuk golf, lari, yoga, dan akuatik yang terdiri dari renang, polo air, loncat air dan renang indah,” katanya.

Hal yang sama juga diyakini oleh PT Sewu Segar Nusantara (SSN) yang membawai brand Sunpride. Menurut Luthfiany Azwawie selaku Senior Marketing Manager SSN, pada dasarnya perusahaannya tak hanya fokus pada olahraga tertentu. Selain lari, perusahaannya juga terlibat dalam berbagai cabang olahraga lainnya, seperti sepeda, tenis, futsal, golf, dan sebagainya. “Mungkin karena saat ini olahraga lari sedang ngetren di Indonesia maka lari lebih banyak terekspos ketimbang cabang olahraga lainya,” katanya.

Lutfhfiany menambahkan, pilihan olahraga ini bertujuan ganda. Pertama, mengajak lebih banyak masyarakat Indonesia untuk lebih hidup sehat. Salah satunya dengan sering berolahraga dan meningkatkan konsumsi buah-buahan. Kedua, mengenalkan buah-buahan Sunpride, seperti Pisang Cavendish.

“Dengan ini, kami juga meneguhkan positioning Sunpride sebagai market leader untuk industri buah buah segar di Indonesia, memperbesar brand awareness dan memperkuat brand image Sunpride di Indonesia,” kata perempuan Lutfhfiany.

Tak hanya itu, dukungan pada olahraga ini juga ditujukan dalam rangka memperkuat relasi dengan komunitas olahraga, khususnya segmen orang-orang muda.

Pada tahun lalu, misalnya, Sunpride mendukung ajang Pocari Sweat Java Marathon 2017, Air Force Run 2017 bersama TNI Angkatan Udara, Herbalife 2017, Mandiri Jakarta Marathon, dan sebagainya.

Lani Rahayu, Senior Marcom & PR Manager Blibli.com mengatakan hal senada. Alasan utama Blibli melakukan sport marketing khususnya dalam sponsorship adalah segmen anak muda. Sebab itu, Blibli lebih memilih untuk menjadi sponsor kegiatan olahraga Liga Mahasiswa (LIMA) dan bulutangkis untuk tim nasional.

“Kami ingin menyasar segmen muda sekaligus empowering mereka. Olahraga memiliki peranan sangat besar dalam menyatukan minat – termasuk membangun jiwa nasionalisme sebuah bangsa. Untuk merengkuh segmen muda, kami harus mendekati dan akrab dengan aktivitas mereka, seperti mengena apa yang mereka sukai, banggakan dalam olahraga,” ujar Lani.

Blibli tetap setiap mendukung LIMA sampai saat ini karena cakupan yang banyak, seperti futsal, badminton, dan basket. Selain itu, badminton menjadi “olah raga rakyat” Indonesia, Blibli.com ingin menyasar pasar seluruh Indonesia dan asosiasi brand Blibli.com dengan olahraga Badminton menjadi nilai tersendiri.

“Selain badminton, Blibli.com juga menjadi satu – satunya e-commerce yang menjual produk official NBA di Indonesia. Jadi, kami bermain di segmen olahraga yang tidak hanya untuk lifestyle tetapi juga di performance olahraga. Misalnya saja dengan adanya toko official brand – brand kenamaan, seperti Nike, Adidas, Puma, Umbro juga Yonex,” katanya.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top