Lifestyle

Spot Menyelam yang Wajib Kamu Kunjungi di Jayapura

Sumber foto: ksmtour.com

Menyelam merupakan salah satu aktivitas liburan yang sering dilakukan para pelancong bila berlibur ke pantai. Namun, bukan hanya Raja Ampat yang menawarkan wisata bawah laut yang ini, Kota Jayapura ternyata juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tak kalah cantik. Berikut empat rekomendasi spot diving dan snorkeling dari Airy yang wajib kamu kunjungi jika sedang berlibur di tempat yang dijuluki Kota Seribu Pinang ini.

1. Pantai Harlem

Pantai Harlem berlokasi di Kampung Tablanusu, Distrik Depapre. Untuk sampai ke sini, kamu harus menempuh perjalanan darat sejauh 60 kilometer. Sesampainya di dermaga, perjalanan harus dilanjutkan menggunakan spead boat selama kurang lebih 15 menit.

Tiba di tepi pantai, kamu akan disambut air laut nan jernih dan hangat. Karena akses yang cukup sulit, pantai ini masih jarang didatangi orang. Inilah yang membuat kamu akan merasa berlibur di pantai pribadi. Untuk menikmati keindahan bawah laut disini, kamu harus membawa sendiri peralatan snorkelling karena tak ada tempat sewa.

Kondisi bawah laut Pantai Harlem masih belum tersentuh sehingga kamu tak perlu snorkeling terlalu dalam untuk melihat beragam jenis koral serta ikan bewarna-warni. Seusai bersenang-senang di laut, tersedia tempat bilas air tawar yang disediakan pengelola agar para pengunjung bisa membersihkan badan.

2. Pantai Base –G

Pantai ini terletak tak jauh dari pusat kota Jayapura dan hanya membutuhkan waktu tempuh 15 menit dengan kendaraan bermotor. Untuk masuk, kamu wajib membayar uang parkir bagi petugas sekitar Rp 10.000.

Pantai yang satu ini memiliki 3 titik yang biasanya disambangi para penyelam yang ingin melakukan diving. Bagi para pemula, biasanya kamu akan diajak pemandu untuk menyelam di spot ‘Tanjung Kali Batu’ yang tidak teralu dalam. Selain deretan terumbu karang dan anemone nan indah, kamu bisa bertemu dengan beberapa jenis ikan seperti Hawk, Nemo, Lepuh serta Hiu Wobbegong.

3. Pantai Sinokisi

Untuk sampai di pantai berpasir putih ini, kamu harus menyeberang dengan kapal dari dermaga Depapre dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Sebagai syarat masuk, setiap rombongan akan dikenakan biaya sebesar Rp 300.000. Jadi, cari teman seperjalanan yang juga ingin ke Sinosiki agar biaya kapal yang kamu bayar semakin kecil.

Karena pantainya berpasir, kamu harus naik kapal lagi ke tengah laut untuk menikmati pemandangan yang lebih jernih. Pada salah satu spot diving, tepatnya di Bokisi, kamu dapat melihat bangkai pesawat di dasar laut. Di sini, kamu juga bisa menyewa tenda dan melakukan kegiatan berburu lobster dan ikan saat malam tiba.

4. Pantai Tablanusu

Pantai ini terletak di Desa Tablanusu yang merupakan sebuah desa nelayan dengan pemandangan alam nan asri. Dari Jayapura, kamu harus menggunakan mobil ke Dermaga Depapre dan kemudian menyeberang.

Bukan pasir, umumnya lantai pantai di Desa Tablanusu tertutup oleh batu kerikil hitam. Tak hanya eksotis, batu-batu ini dapat memberikan refleksi alami bagi kaki yang lelah. Arus pantai disini cenderung tenang. Karena itu, sangat cocok bagi kamu yang hendak melakukan snorkeling dan menikmati panorama bawah lautnya.

Pesan tiket penerbangan Anda secara online segera dan nikmati keindahan bawah laut Jayapura yang tak terlupakan. Kamu bisa melakukan pemesanan langsung melalui situs resmi Airy. Temukan juga beragam tiket promo penerbangan Xpress Air, Batik Air, AirAsia, Garuda Indonesia, dan lain-lain agar perjalanan kamu makin hemat.

Dan, jangan lupa memakai sun block sebelum melakukan aktivitas di laut agar kulit tidak terbakar matahari.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top