Mshop-leaderboard-mobile
Consumer Goods

Strategi Floridina Merebut Hati Konsumen Indonesia

Strategi Floridina

Sebagai negara yang beriklim tropis, Indonesia menjadi salah satu surga bagi produsen minuman ringan, khususnya yang bermain di kategori flavored juice. Segmen satu ini selalu ramai. Pasalnya, minuman jenis ini selalu bisa menuntaskan rasa dahaga masyarakat Indonesia ketika berada di bawah terik matahari.

Dari beragam jenis merek di industri ini, ada satu nama yang pergerakannya amat menonjol dalam beberapa tahun terakhir, produk tersebut bernama Floridina. Floridina merupakan amunisi utama dari Wings Food di sektor minuman flavored juice.

Dibanding nama-nama lainnya, Floridina terhitung pemain baru dalam industri ini. Floridina baru meluncur ke pasaran pada tahun 2012. Meskipun terhitung baru, pertumbuhannya merupakan salah satu yang terbesar di kategorinya. Berdasarkan data Nielsen dan Aprindo pada 2016 lalu Floridina berhasil tumbuh sebanyak 28,9% secara value, dan 19,6% secara volume.

Seperti namanya, Floridina merupakan minuman ringan yang mengutamakan kandungan terbaik dari Jeruk Florida. Sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi, jenis Jeruk Florida juga memiliki kandungan vitamin, gizi, dan nutrisi yang lengkap. Sudah kepalang Floridina menjadi primadona bagi konsumen di Indonesia.

“Produk kami berhasil tumbuh karena Floridina bisa ditemukan di pelosok-pelosok Indonesia. Selain itu, penyebaran produknya juga merata. Tentunya produk kami ini digemari karena rasanya manis dan mengandung bulir-bulir Jeruk Florida,” ungkap Gabriella da Silva, Marketing Public Relations Manager Wings Food.

Gabriella menjelaskan bahwa selain produknya yang memang berkualitas, Floridina berhasil mencuri perhatian konsumen disebabkan harganya yang murah bila dibandingkan dengan harga kompetitornya. Dengan kemasan berukuran 360 ml, konsumen hanya butuh mengeluarkan uang sekitar Rp 3.000 untuk menikmati segarnya Jeruk khas Florida. Bila dibandingkan kompetitornya, harga yang dipasok oleh Floridina terbilang jauh dari harga kompetitor.

“Bisnis kami dari hulu dan hilir. Kami punya sumber daya sendiri, mulai dari pabrik yang memproduksi minuman hingga kemasan. Semuanya dibuat di satu tempat sehingga dapat menghemat biaya produksi,” tambah Gabriella.

Strategi harga yang amat terjangkau juga dilengkapi dengan kekuatan distribusi dari Floridina. Bisa dipastikan hampir diseluruh toko baik yang modern dan tradisional, produk Floridina bisa ditemukan di sana.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top