Consumer Goods

Strategi Nikon Menyegarkan Target Pasar

Strategi Nikon Menyegarkan Target Pasar fotografer_xl-a

Kompetisi di pasar kamera terbilang ketat hampir di semua segmen, termasuk di kamera digital single-lens reflex (DSLR). Boleh dibilang segmen ini masih tetap tumbuh di tengah serbuan smartphone dengan fitur kamera yang berkualitas tinggi. Hal ini karena memang segmennya beda dan banyak yang bisa dicapai oleh DSLR yang tidak bisa dihasilkan smartphone.

Namun, perlu diingat di segmen DSLR hanya ada dua pemain yang saling berebut pasar, yakni Canon dan Nikon.  Lantaran di Indonesia pemain besarnya hanya dua, kue pasar pun bisa dikatakan terbagi rata. Perebutan posisi juga selalu terjadi. Namun, tidak ada yang mendominasi dengan angka penguasaan pangsa pasar yang mencolok perbedaannya.

“Posisi teratas berganti-ganti, tergantung siapa yang sedang banyak meluncurkan produk baru. Secara rata-rata, penjualan DSLR di negara ini tiap tahunnya antara 50 ribu – 6 ribu unit. Sedangkan, di pasar kamera keseluruhan posisi Nikon sekarang nomor dua di Indonesia,” kata Sukimin Thio, General Manager of Imaging Division PT Nikon Indonesia.

Selama ini, Nikon dikenal sebagai kamera untuk para profesional dan memiliki kisaran harga yang lebih tinggi dari kompetitor untuk produk yang sekelas. Walaupun, menurut Sukimin, pada dasarnya tidak ada produk yang head to head secara spesifikasi produk. “Positioning Nikon adalah kamera untuk profesional. Tapi, kami juga telah melebarkan ke para pehobi serius dunia fotografi. Ditambah, sekarang kami juga masuk ke para entry level,” jelasnya.

Sukimin mengakui bahwa selama ini, produk-produk Nikon kebanyakan untuk segmen medium dan profesional. Namun, saat ini Nikon juga mulai mengeluarkan produk-produk mirrorless yang sekarang sedang naik daun.

Naiknya permintaan mirrorless ini seiiring dengan tren video blog (vlog) yang melahirkan banyak vlogger.  Untuk mengenalkan citra bahwa produk Nikon juga tepat untuk pemula dan sekaligus mengenalkan produk-produk untuk segmen ini,  Nikon Indonesia pun giat menggelar kampanye di berbagai kota yang menyasar para anak muda.

“Saat ini, kami ingin menyasar segmen konsumen yang lebih muda. Bahkan, harapannya ini pasar nonprofesional ini akan menjadi tulang punggung Nikon,” pungkasnya.

 

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top