Media

Sudah Lima Bulan, Apa yang Spotify Dapatkan di Indonesia?

Sudah Lima Bulan, Apa yang Spotify Dapatkan di Indonesia? JPEG_20160830_165416_-e1472626727382

Sejak akhir Maret tahun ini, penyedia layanan streaming musik asal Swedia Spotify, resmi menyediakan layanannya di Indonesia. Dalam kurun waktu lima bulan Spotify sudah mencatatkan hasil yang positif. Walaupun tidak menyebut angka pasti berapa jumlah pengguna di Indonesia, Spotify berhasil mencatatkan angka sebesar 1,165 miliar menit dari penggunanya di Indonesia.

Menurut Sunita Kaur selaku Managing Director Spotify Asia Tenggara, pendengar Spotify di Indonesia memiliki karakter yang sedikit berbeda. Salah satunya adalah dukungan kepada musisi-musisi lokal. Sebab itu, Spotify di Indonesia melakukan banyak pendekatan dengan musisi lokal dan menampilkan daftar lagu khusus musisi tanah air yang dikurasi melalui proses logaritma tertentu.

“Meskipun sangat mendukung musisi lokal, pendengar di Indonesia juga tetap aktif dan mencari musisi internasional. Justin Bieber adalah musisi internasional yang paling sering diputar oleh pendengar Spotify di Indonesia,” terang Sunita di Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Sunita mengatakan, banyak tahapan yang harus dipersiapkan oleh Spotify sebelum akhirnya benar-benar resmi berada di Indonesia. Sunita memastikan ketika Spotify hadir di Indonesia harus benar-benar segalanya dalam kondisi yang siap dan matang.

“Sangat mudah untuk membuka layanan di satu negara. Namun, yang tersulit adalah memahami karakter dan perilaku dari konsumen dari sebuah negara tersebut,” tambah Sunita.

Saat ini, secara global Spotify telah mencatatkan jumlah pengguna aktif mencapai 100 juta pengguna.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top