MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Automotive

Suzuki Terbanyak Diberitakan pada GIIAS 2018, Gara-gara Jokowi?

Suzuki Jimny di GIIAS 2018

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) banyak menarik perhatian para merek untuk mendulang pemberitaan sebanyak mungkin. Tidak heran, jika setiap harinya ajang ini diramaikan beragam program oleh para merek.

Bahkan, tidak jarang mereka berebut keramaian layaknya pasar malam yang makin malam semakin riuh. Melihat kondisi ini, Binokular Media Utama, perusahaan media monitoring dan riset media membuat studi mengenai merek yang paling banyak mendapat publikasi media selama GIIAS 2018. Menurut laporannya ke Marketeers, Binokular melakukan monitoring pemberitaan mengenai GIIAS 2018 di 200 media nasional, baik media cetak maupun media online selama pameran itu berlangsung.

Mobil

Untuk segmen roda empat, merek yang paling banyak disebut adalah Suzuki. Pabrikan asal Jepang ini mendapat pemberitaan sebanyak 860 berita. Posisi kedua adalah Toyota dengan 643 berita dan Mitsubishi dengan 493 berita di peringkat ketiga.

Menurut pemantauan, Toyota masih mengandalkan Avanza. Dan, Xpander menjadi perwakilan dari Mitsubishi yang paling mendominasi. Sementara di kubu Suzuki, Suzuki Jimny menjadi penyumbang berita terbanyak disusul oleh Suzuki All New Ertiga.

Jika ditelisik lebih dalam, selain memang Suzuki Jimny adalah produk fenomenal -bisa jadi pencapaian ini juga disumbang berkat ketertarikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terhadap Jimny. Saat mengunjungi booth Suzuki, sang Presiden pun menyebutkan bahwa Suzuki Jimny adalah mobil pertama yang mendampingi masa lalu Jokowi.

Informasi tersebut pun menjadi santapan lezat para awak media. Dan, memang menarik perhatian masyarakat umum. Hal tersebut juga terjadi di Marketeers.com. Pemberitaan soal Suzuki Jimny dengan Jokowi menjadi artikel yang paling banyak dibaca pada bulan Agustus 2018. Seakan mendapat bonus endorser, Jimny semakin populer dan banyak diberitakan.

Motor

Di segmen motor roda dua, merek yang paling banyak mendapat pemberitaan adalah Honda. Honda disebutkan dalam 269 pemberitaan dengan Honda Forza 250 dan Super Cub C125 yang menjadi primadona. Posisi kedua diduduki adalah Suzuki dengan 202 berita. Pemberitaan Suzuki didominasi Suzuki Bandit 150 dan GSX-R150. Sedangkan untuk posisi ketiga adalah Yamaha dengan 141 berita.

Secara keseluruhan, strategi publikasi media yang diterapkan oleh Suzuki adalah yang paling kuat. Bila digabungkan, pemberitaan untuk kedua jenis kendaraan bermotor di atas, di bawah pimpinan Rudiansyah sebagai Head of PR and Digital PT Suzuki Indomobil Sales -Suzuki mendapat pemberitaan sebanyak 3.130 berita di 200 media cetak dan online. Lalu, apakah pencapain tersebut dimanfaatkan dengan baik?

Bila merujuk data penjualan Suzuki pada GIIAS 2018, pabrikan yang berkantor pusat di Pulo Gadung ini berhasil menjual produknya sebanyak 2.223 unit. Sebuah pencapaian yang cukup agresif di 10 hari gelaran GIIAS 2018. Penjualan mereka pun didominasi oleh All New Ertiga sebanyak 659 unit yang terjual.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top