Mshop-leaderboard-mobile
Finance

Tambah Investasi di Kanal Digital, Ini Misi Asuransi Astra

Peluncuran Garda Oto Digital
Peluncuran Garda Oto Digital

Langkah Asuransi Astra untuk menjadi perusahaan asuransi umum paling digital di Indonesia terus berlanjut. Perjalanan digital yang dimulai sejak 2016 kini semakin disempurnakan. Kali ini, Asuransi Astra memiliki beberapa inovasi untuk itu, salah satunya adalah dengan meluncurkan Garda Oto Digital sebagai layanan baru mereka.

Dengan layanan ini, Asuransi Astra menawarkan cara baru berasuransi di era digital behavior seperti saat ini. Mereka melihat bahwa konsumen saat ini lebih mengutamakan kemudahan membeli polis dan melakukan klaim kendaraan melalui internet. Bahkan, kemudahan klaim menjadi salah satu pertimbangan utama mereka memilih perusahaan asuransi. Kondisi ini mendorong Asuransi Astra membuat layanan eksklusif agar dapat memberikan pengalaman berasuransi yang #MakinGampang dan berkesan bagi pelanggan di area Jakarta.

“Sebagai pesan komunikasi, kami saat ini menggunakan jargon #MakinGampang. Saat ini, konsumen sudah bisa membeli polis asuransi melalui situs gardaoto.com. Untuk urusan klaim, Garda Oto Digital pun memberikan kemudahan karena pelanggan kini #MakinGampang memilih sendiri lokasi klaim yang diinginkan baik di rumah, kantor, atau tempat lainnya,” ujar Rudy Chen saat meluncurkan inovasinya tersebut di Ciputra Artpreneur Jakarta, Selasa (10/10/2017)

Kemudahan yang ditawarkan tidak berhenti sampai di situ. Rudy melanjutkan, jika biasanya urusan antar-jemput mobil ke bengkel jadi salah satu hal yang merepotkan dan menyita banyak waktu, kini terasa #MakinGampang karena Garda Oto Digital menyediakan layanan antar-jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan pelanggan dan antar-kembali dari bengkel. Selain itu, agar proses klaim dan perbaikan kendaraan sesuai jadwal, ada aplikasi Garda Mobile Otocare yang dapat membantu pelanggan agar #MakinGampang memantau status perbaikan kendaraan setiap saat.

Selain keunggulan-keunggulan tersebut, Asuransi Astra juga menyiapkan berbagai pilihan bonus menarik yang bisa langsung pelanggan bawa pulang setelah membeli dan mengaktifkan polis. Mulai dari e-Toll On Board Unit hingga ponsel pintar sekelas Samsung Galaxy Note 8. Inilah yang membuatSemua ini selanjutnya dikemas ke dalam tagline Garda Oto Digital, #MakinGampang Klaimnya, Banyak Bonusnya!

Selain meluncurkan Garda Oto Digital, Asuransi Astra juga menyempurnakan dua aplikasi mobile mereka, yaitu Garda Mobile Otocare v3.0 dan Garda Mobile Medcare v2.0. Penyempurnaan tersebut terlihat dari perubahan utama pada fungsi yang dapat dinikmati pelanggan serta adanya fitur-fitur baru untuk nonpelanggan, khususnya komunitas. Penambahan fitur baru dalam Otocare v3.0, meliputi fitur Friends, Meet Up, Claim Report, Claim Status, Emergency, dan Event untuk Garda Mobile Otocare. Sedangkan fitur-fitur baru dalam Medcare v2.0, meliputi Event, Friends, Meet Up, Challenge, Claim Status, dan Rating Provider.

“Kami melihat Asuransi Astra terus menunjukkan performanya. Berbagai langkah inovatif juga mereka lakukan, seperti yang sekarang ini. Kami pun menargetkan agar mereka terus berinovasi dan menyampaikannya dengan baik ke masyarakat,” ujar Suparno Djasmin, Direktur Astra International.

Menurut pria yang akrab disapa Abong ini, inovasi yang dibangun oleh Asuransi Astra saat ini adalah pondasi untuk bisnis mereka ke depannya. Abong pun berharap Asuransi Astra ke depannya bukan hanya mendukung ekosistem dari bisnis Astra Internasional tetapi juga mampu menunjukkan performa yang baik di pasar ritel.

“Sebagai market leader, Asuransi Astra akan meningkatkan pemahaman masyarakat akan produk asuransi. Untuk saat ini, penjualan premi bukanlah target utama. Mungkin 3 tahun ke depan bisnis ritel Asuransi Astra bisa memberikan kontribusi 10% saja -yang meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka sampai 20%. Itu sudah bagus,” imbuh Abong.

Rudy pun menyebutkan bahwa misi mereka saat ini adalah mengedukasi dan memberikan pengalaman yang mudah bagi masyarakat. “Perlahan saya yakin konsumen akan berpindah. Seperti pada kasus sebelumnya. Banyak konsumen yang berpindah dari cabang Garda oto ke Garda Center yang kami taruh di pusat perbelanjaan. Begitu juga dengan kanal digital ini suatu saat nanti,” tutup Rudy.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top