Mshop-leaderboard-mobile
Government & Public Services

Tarik Wisman, Borobudur Dijadikan Ajang Marathon

Tarik Wisman, Borobudur Dijadikan Ajang Marathon ujHkWp_candi-borobudur-jogja
Salah satu cara mempromosikan pariwisata adalah melalui olahraga. Setelah mengadakan Jakarta Marathon, kali ini Kementerian Pariwisata siap mendukung pelaksanaan Borobudur 10K dan Half Marathon 2015. Kegiatan ini akan diadakan pada Minggu, 15 November 2015 di Taman Lumbini Komplek Candi Borobudur, Magelang.
 
“Kami mendukung penyelenggaraan Borobudur 10K dan Half Marathon 2015 sebagai langkah nyata promosi pariwisata daerah. Jawa Tengah terutama kawasan Borobudur sudah terkenal dengan keindahan alamnya serta keragaman budaya dan sebagai cagar budaya dunia,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat Jumpa Pers Borobudur 10K dan Half Marathon 2015 di Jakarta.
 
Wisata olahraga menjadi salah satu andalan untuk memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara. Biasanya, peserta olahraga akan membawa keluarga atau manajemennya. 
 
Nama besar Candi Borobudur yang sudah mendunia nampaknya akan menjadi daya tarik tersendiri. Pelatarannya yang indah serta nuansa historis serta religi yang sangat kental akan menjadi magnet bagi para wisatawan. Terlebih akses menuju kawasan Candi Borobudur sangat mudah wisatawan bisa melalui Bandara Adi Sucipto di Jogja dan Ahmad Yani di Semarang. 
 
Jumlah wisatawan mancanegara dari Bandara Adi Sucipto pada Agustus 2015 tercatat sebanyak 6.502 wisman. Sementara, total kunjungan wisman pada periode Januari – Agustus 2015 sebanyak 46.879 wisman.
 
Kementerian Pariwisata selama ini mendukung banyak event pariwisata olahraga seperti Tour de Singkarak dan Jakarta Marathon. Internasional Borobudur 10K dan Half Marathon 2015 akan diikuti pelari baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Total hadiah yang disediakan panitia sebesar Rp 1,6 miliar. 
 
Editor: Sigit Kurniawan 

Most Popular








To Top