Mshop-leaderboard-mobile
Transportation & Logistic

Teknologi Jadi Kunci Layanan Fast Good & Cheap iruna eLogistics

iruna eLogistics
Gudang iruna eLogistic

Skala ekonomis tidak bisa dipisahkan dari sebuah proses produksi dari sebuah produk, baik jasa maupun barang. Hal ini juga berarti bagi iruna eLogistics (iruna) yang menawarkan solusi end-to-end berbasis teknologi digital di Indonesia. Dengan membangun skala ekonomis, iruna ingin menyampaikan salah satu keunggulan kompetitifnya, yakni pelayanan yang cepat, baik, dan murah. Jika dilihat, tiga hal tersebut hampir tidak mungkin bertemu dalam satu waktu. Tapi iruna optimistis bisa memberikan tiga nilai pelayanannya tersebut dengan mencapai skala ekonomisnya terlebih dahulu.

iruna sebagai satu-satunya perusahaan eLogistics di Indonesia yang memberikan platform solusi back-end untuk transaksi dagang secara terintegrasi diharapkan dapat mendorong industri e-commerce. Dalam layanannya, iruna memberikan layanan mulai dari warehouse, packaging hingga strategi last mile delivery yang andal dan real time berbasis teknologi digital. iruna pun memiliki kanal e-commerce yang bisa digunakan oleh para ukm.

Sederhananya, Dengan sekali mendaftar di sistem, penjual dapat langsung terdaftarkan ke semua marketplace atau yang dipilihnya. Pelayanan yang akan didapatkan penjual di antaranya adalah pengambilan dan pengemasan barang, foto produk, dan pemasaran pada marketplace yang menjadi mitra bisnis iruna untuk front end, seperti Blibli, Qten, Berrybenka untuk sekarang ini. Dalam waktu dekat ini, Lazada, Tokopedia dan Bukalapak juga akan menjadi mitra iruna.

“Ibarat pasar konvensional, kami ini seperti Sogo yang ada beberapa toko dari brand-brand yang tergabung. Dalam berbisnis, kami melihat strategi bisnis dari Changi Airport. Bisa dibayangkan, salah satu bandara terbesar di dunia ini mampu memberikan layanan yang cepat, baik, namun barang-barang di sana tidak mahal,” jelas Syaiful Rachman, Chief of Sales iruna eLogistic.

Saat ini, perusahaan lokal ini pun memberikan gratis penyimpanan 90 hari khusus untuk UMKM dengan harapan dalam waktu 90 hari tersebut barang sudah terjual dan keluar dari gudang iruna. Saat ini iruna memiliki dua fulfillment center atau gudang di Jakarta dan Surabaya (bulan depan akan diperkenalkan).

“Kami akan kenakan biaya penyimpanan kepada UMKM pada hari ke-91 dengan hitungan per barang per hari. Namun, harga kami masih terjangkau dan bisa dinegosiasikan lagi sesuai kebutuhan UMKM. Kami optimis kehadiran iruna akan menjadi solusi logistik bagi para UMKM Indonesia.” ujar Yan Hendry Jauwena selaku CEO iruna eLogistics.

iruna pun memasang target bisa mencapai skala ekonomisnya pada tiga tahun mendatang. Mereka pun memasang target 1 juta SKU (Stock Keeping Unit (terdiri dari beberapa potong produk)) hingga akhir Desember. “Saat ini, baru 10% dari kapasitas penyimpanan kami yang terpakai. Ke depannya kami akan melakukan pendekatan ke beberapa komunitas ukm untuk mengejar target tersebut,” tutup Syaiful.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top