Technology

Temuan Facebook Tentang Perilaku Konsumen Saat Ramadan

Photo Credits: Quartz

Momen Ramadan tak lama lagi segera datang. Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia, Indonesia pun menjadi sasaran brand untuk mengambil peluang bisnis. Pasalnya, customer behavior di bulan ini kerap dianggap lebih royal dibandingkan bulan lain.

Secara spesifik, Facebook menemukan sejumlah perilaku unik users mereka selama Ramadan yang bisa ditangkap para brand. Kira-kira seperti apa perilaku ini?

Bagi Facebook, momen Ramadan menjadi ajang persaingan satu bulan penuh bagi para bisnis dan brand. Para brand berlomba menawarkan konten pemasaran terbaik mereka.  Hal ini dikatakan Head of Creative Systems & SMB at Facebook Creative Shop May Seow bukan tanpa alasan. Pasalnya, data internal Facebook menunjukkan ada peningkatan intensitas users dalam menggunakan Facebook dan Instagram selama bulan Ramadan.

“Ini adalah peluang bagi para brand untuk meluncurkan kampanye mereka guna meningkatkan awareness akan iklan sekaligus metrik bagi brand tersebut,” jelas May di Jakarta, Rabu (28/03/2018).

Lebih Banyak Gunakan Perangkat Mobile

Perangkat mobile merupakan pusat konektivitas utama bagi users selama Ramadan. Facebook menemukan, jumlah waktu yang dihabiskan untuk menggunakan perangkat mobile 2,2 kali lipat lebih banyak dibandingkan menonton tv. 97% posting-an Facebook berasal dari perangkat mobile dengan jumlah postingan dua kali lebih banyak dibandingkan periode di luar Ramadan.

Gemar Konsumsi Konten Video

Lebih dari itu, May mengatakan users mereka saat ini gemar untuk menyaksikan konten berbentuk video. Data Cisco Visual Networking Index: Global Mobile Data Traffic Forecast Update 2015-2020 menunjukkan ada pertumbuhan konsumsi video di Facebook yang signifikan selama masa Ramadan.

“Di Indonesia, konsumsi video meningkat signifikan bahkan 19% lebih banyak postingan video di saat Ramadan dibandingkan tiga bulan sebelum dan sesudah Ramadan. Sementara waktu menonton video di Facebook juga mengalami peningkatan 74% hanya dalam satu tahun selama bulan puasa,” ungkap May.

Mobile Sebagai Pelengkap Televisi

Facebook menemukan 75% users memainkan perangkat mobile saat menonton televisi. Hal ini berarti, users mereka memiliki karakteristik multi-screening. 59% mengaku mengakses media social, 53% melakukan chatting dengan teman, dan 43% membaca e-mail ketika melakukan kegiatan multi-screening.

Pada akhirnya, May mengatakan brand dan pelaku bisnis harus mampu ambil langkah dalam memaksimalkan peluang membangun awareness dan men-direct konsumen selama masa Ramadan.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top