AMS 2018 Leaderboard
Lifestyle

Ternyata Ini Dampak Konsumsi Pisang dan Alpukat Setiap Hari

Photo Credits: bravoforpaleo.com

Menjalani gaya hidup sehat bisa dimulai dengan hal yang mudah, antara lain dengan mengonsumsi buah sebagai sumber vitamin bagi tubuh. Nah, bagi kamu yang menyukai buah Pisang dan Alpukat, terdapat sebuah penelitian yang baru saja menemukan dampak mengonsumsi kedua buah ini setiap hari. Kira-kira apa hasil penelitian tersebut?

Dalam studi yang dirilis di jurnal JCI Insight, para peneliti menjadikan tikus sebagai subjek percobaan. Tikus-tikus ini diberikan makanan yang kaya akan potasium yang banyak terkandung di dalam Pisang dan Alpukat.

Hasil penelitian ini menunjukkan, tikus yang diberi makanan dengan kandungan potasium memiliki risiko kalsifikasi vaskular (komplikasi umum pada penyakit jantung dan ginjal) yang lebih ringan.

Kalsifikasi terjadi bila kalsium terbentuk dan menumpuk di jaringan tubuh, pembuluh darah, atau organ tubuh. Penumpukan ini bisa mengeras dan mengganggu proses kerja tubuh Anda.

Pengerasan pada arteri yang disebut arterisklerosis, bisa mempengaruhi kerja jantung.

“Temuan ini memiliki potensi yang penting, karena menunjukkan manfaat potassium untuk mencegah kalsifikasi vaskular,” ungkap Paul Sanders, Profesor di University of Alabama, seperti dilansir laman Indian Express.

Alpukat dan Pisang merupakan sumber Potasium terbaik. Kandungan potasium dalam Alpukat berkisar 975 mg per 100 gram, sedangkan Pisang berkisar 422 mg per 100 gram. Selain kedua buah ini, sumber Potasium terbaik juga dapat diperoleh pada buah Srikaya, Kurma, Sukun, atau Jambu Merah.

MARKETEERS X








To Top