Lifestyle

Tetap Bugar di Saat Puasa, Olahraga Sederhana Jadi Kuncinya

Sumber: 123rf

Berolahraga menjadi salah satu upaya untuk menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh. Tapi, saat berolahraga Anda juga membutuhkan cairan dalam tubuh yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Lalu, bagaimana saat berpuasa?

Berolahraga saat puasa tentu terdengar sangat melelahkan. Namun, tidak sedikit yang masih melakukannya. Sejumlah orang mungkin takut untuk melakukannya karena ancaman dehidrasi. Tetapi, nyatanya ada banyak cara untuk tetap bugar sepanjang Ramadan. Berikut 10 gerakan sederhana yang dapat diikuti di rumah:

1. Stretching

Untuk mengawali olahraga, Anda perlu melakukan stretching. Selain menghindari tegang otot atau kram, melakukan stretching dengan benar juga mengurangi kalori, loh. Setidaknya mencapai 10 kalori.

2. Knee in Crunch

Posisi ini harus dilakukan sambil berbaring. Tekuk lutut ke arah perut, kemudian angkat kepala Anda. Kedua tangan terangkat sejajar dengan dada. Lakukan berulang selama 30 detik

3. Squat

Diawali posisi berdiri, kemudian turunkan bagian tubuh atas hingga sejajar lurus dengan lutut. Untuk menjaga keseimbangan tubuh luruskan kedua tangan ke depan. Lakukan secara berulang selama 20 kali.

4. Lunges

Setelah squat, yang harus dilakukan adalah lunges. Cara melakukannya masih sederhana. Posisi berdiri, letakkan kedua tangan di pinggang. Turunkan tubuh, kali ini lebih rendah lagi sampai salah satu lutut menyentuh lantai. Lakukan bergantian kaki kanan dan kiri sebanyak 20 kali.

5. Mountain Climbers

Ambil posisi push-up. Namun, kali ini yang bergerak adalah kedua kaki Anda. Gerakkan kaki seperti hendak berlari. Kedua kaki bergantian, lakukan selama 30 detik.

6. Push-up

Masih dengan posisi push-up. Lutut menyentuh lantai. Kedua tangan sejajar dengan bahu. Kemudian, naikkan tubuh ke bawah dan ke atas. Ulangi sebanyak 20 kali.

7. High Knee Jog

Lari di tempat seperti biasa, yang membedakan adalah kaki harus diangkat setinggi lutut. Lakukan selama 20 kali.

8. Russian Roulette

Gerakan ini bagus untuk melatih otot perut dan juga paha. Posisi duduk, kemudian rendahkan tubuh bagian atas Anda. Namun, jangan sampai berbaring, kemudian angkat kaki sampai lutut menekuk. Tangan menyatu seperti bertepuk. Belokkan badan ke kanan dan ke kiri. Lakukan seloama 30 detik.

9. Dumbell Lateral Raise

Saat berpuasa, Anda tidak perlu menggunakan dumbell yang terlalu berat. Cukup 0,5 kg sampai 1 kg. Posisi berdiri. Rentangkan tangan sebatas bahu secara lurus. Naik-turunkan dumbell secara berulang hingga 20 kali.

10. Half Side Plank Leg Raise

Ambil posisi tidur dengan arah menghadap ke samping seperti tengah bersantai. Luruskan kedua kaki. Angkat satu kaki ke atas. Lakukan secara bergantian untuk kaki kanan dan kiri. Ulangi sebanyak 20 kali.

Olahraga sederhana  yang dapat dilakukan di rumah ini bisa Anda sesuaikan percepatannya. Misalnya, dari satu gerakan ke gerakan lainnya di beri jeda istirahat sebanyak 10-20 detik. Siap mencoba?

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top