Lifestyle

Tiga Buku Parenting Ini Menarik untuk Kamu Baca

Ilustrasi: 123rf

Menjadi orang tua tidak cukup hanya berbekal keberanian dan cinta saja. Setiap orang tua butuh membekali diri dengan beragam pengetahuan. Khususnya buat kamu yang baru menjadi orang tua. Berikut tiga rekomendasi buku parenting yang dikutip dari aplikasi Pimtar.id.

1. Mom and Her Son: Menjadikan Anak Laki-laki Anda Pribadi yang Luar Biasa
oleh Dr. Kevin Leman

Anak laki-laki memiliki karakter yang berbeda dengan anak perempuan. Cara mendidik keduanya pun tentunya berbeda. Sebagai seorang orang tua, kamu harus memahami karakter masing-masingnya khususnya anak laki-laki. Memahami karakter anak laki-laki secara utuh akan membantu kamu bersikap terhadapnya, menjalin hubungan yang tepat dengannya, mempersiapkan masa depannya dan menikmati kegembiraan selama menjalani masa-masa tumbuh-kembangnya.

Mom And Her Son (2016) merupakan buku yang membantu kamu dalam memahami sosok anak laki-lakimu secara utuh. Mulai dari cara bersikap padanya sejak kecil, cara menangani perselisihan dengan saudaranya, bimbingan memasuki usia remaja, cara mendisiplinkan dan hal penting lainnya.
Matamu pun akan terbelalak ketika selesai membaca buku ini. Kamu akan menyadari bahwa kamu merupakan orang paling penting di balik keberhasilannya kelak. Bahkan jika ia tak mengakuinya sekali pun.

2. Media Moms and Digital Dads: Sebuah Pendekatan Parenting di Era Digital
Oleh Yalda T. Uhls, Ph.D

Perkembangan media dan teknologi saat ini membuat beberapa orang tua khawatir akan dampaknya terhadap pertumbuhan anak mereka. Media online dan internet memang memunculkan kebiasaan-kebiasaan baru—terutama di kalangan generasi muda—seperti membagikan berbagai momen penting di media sosial, selfie, game online, dan sebagainya.

Media-media baru ini tentunya mempunyai dampak negatif, namun ada pula manfaat-manfaat yang dapat diperoleh darinya. Jadi, bagaimana orang tua dapat menemukan keseimbangan dalam penggunaan media dan teknologi untuk anak?

Media Moms and Digitals Dads (2015) akan menjawab kegelisahan orangtua mengenai pengaruh media dan teknologi, terutama media online, terhadap tumbuh kembang anak. Di dalam buku ini, kamu akan mendapatkan fakta, yang diperoleh dari berbagai penelitian, mengenai
pengaruh media terhadap anak, dan juga bagaimana cara menghindari dampak negatifnya sekaligus mengoptimalkan manfaat media bagi perkembangan anak.

3. The Smartest Kids in The World: Anak-Anak Paling Pintar Di Dunia dan Cara Membentuknya
Oleh Amanda Ripley

Sudah bukan rahasia bahwa tingkat kecerdasan anak di berbagai negara sangat berbeda. Tingkat kecerdasan ini sangat erat kaitannya dengan sistem dan standar pendidikan, dan juga budaya yang dimiliki oleh negara tersebut.

Amanda Ripley pun melakukan pengamatan mengenai sistem pendidikan di dua negara tercerdas, yaitu Finlandia dan Korea. Ia juga melakukan penelitian di negara yang mengalami peningkatan kecerdasan yang signifikan dalam beberapa tahun, yaitu Polandia; dan membandingkannya dengan pendidikan di negara asalnya, Amerika.

Perbandingan sistem pendidikan di negara-negara tersebut menjadi temuan menarik untuk mengungkap faktor yang dapat mendorong keberhasilan pengembangan kecerdasan anak.

Dalam buku ini, kamu dapat memahami kunci keberhasilan pendidikan di Finlandia, Korea dan Polandia. Kamu juga akan mendapatkan tips untuk memilih sekolah yang cocok untuk anak kamu.

Buku-buku di atas cukup menarik untuk dijadikan bekalmu mendidik anak-anakmu di era sekarang ini bukan? Semua buku di atas pun bisa kamu dapatkan rangkumannya di Pimtar.id atau mengunduh aplikasinya. Selamat belajar!

MARKETEERS X








To Top