Lifestyle

Tiga Cara Jaga Stamina Saat Ramadan

Photo Credits: 123rf

Bulan Ramadan kerap menjadi momok menantang bagi sebagian orang. Dibutuhkan kemampuan untuk menjaga stamina agar tetap kuat menjalani ibadah berpuasa selama satu bulan penuh. Namun, jangan khawatir. Head of Medical and Training ZAP Clinic Dokter Dara Ayuningtyas mengatakan, ada tiga cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk menjaga stamina tetap kuat di bulan Ramadan. Apa saja?

Tetap berolahraga

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk melewatkan olahraga. Aktivitas fisik justru dapat membantu mengubah cadangan lemak menjadi energi sehingga membantu mengurangi rasa lesu dan kantuk. Hindari olahraga dengan intensitas tinggi, sebaliknya pilih olahraga seperti kardio ringan atau latihan beban. Agar energi yang terbakar dapat langsung diganti, lakukan olahraga setengah atau satu jam sebelum berbuka puasa.

Konsumsi lemak baik

Ada satu hal yang harus Anda ingat, mengonsumsi lemak bukan menjadi pantangan. Namun, pastikan lemak yang masuk ke dalam tubuh adalah lemak baik yang dapat membantu menstabilkan hormon leptin alias pengendali rasa lapar.

“Lemak baik seperti omega tiga banyak terkandung pada minyak ikan, kacang-kacangan, atau virgin coconut oil,” terang Dara kepada Marketeers melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (20/05/2019).

Injeksi vitamin

Injeksi vitamin menjadi perawatan yang umum dilakukan di kota besar untuk menambah stamina dan daya tahan tubuh. Tak hanya bagi kaum Hawa, kaum Adam pun dikatakan dokter Dara cukup aktif melakukan perawatan ini.

“Perawatan ini dapat menghilangkan keluhan pegal-pegal, flu atau kondisi tubuh yang kurang sehat. Dengan kandungan vitamin dalam tubuh yang cukup, energi untuk menjalani ibadah puasa dapat lebih maksimal,” ujar Dara.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top