Career

Tiga Hal yang Mungkin Pengaruhi Kariermu Tahun Ini

Ilustrasi: Qerja

Banyak orang yang berharap tahun 2019 bisa lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, termasuk dalam hal karier. Mengutip dari situs Qerja, ada beberapa hal yang terjadi tahun ini yang bisa memengaruhi bisnis dan dunia kerja. Apa saja?

1. Pemilu 2019

Ya, tahun ini adalah tahun politik yang biasanya banyak diantisipasi oleh pengusaha. Kebijakan-kebijakan baru yang mungkin muncul pada tahun 2019 bisa menjadi peluang ataupun ancaman bagi perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya mulai menyiapkan diri lebih dini untuk menghadapi perubahan yang mungkin terjadi setelah dilaksanakannya Pemilu 2019.

2. Kenaikan Gaji PNS
Seperti sudah diberitakan sebelumnya, pemerintah berencana untuk menaikan gaji PNS tahun ini setelah lima tahun belakangan tidak mengalami kenaikan sama sekali.

Besaran kenaikan gaji PNS yang dijanjikan untuk tahun 2019 ini adalah sebesar 5%. Dengan adanya kenaikan gaji ini, pemerintah berharap agar kehidupan para PNS bisa lebih sejahtera.

Dengan adanya kenaikan gaji ini ada akibat yang muncul yaitu meningkatnya daya beli dan konsumsi di kalangan PNS. Peningkatan ini sangat mungkin akan mengakibatkan adanya inflasi di masyarakat. Inflasi ini tentunya tidak akan terjadi secara langsung dalam tahap yang besar tetapi lebih terasa pada tingkat masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

3. Kenaikan UMP 2019
Kenaikan UMP sebesar 8,03% juga menjadi salah satu faktor yang harus kamu perhatikan tahun ini. Kenaikan upah ini bisa menjadi beban yang cukup berat bagi pengusaha atau perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

Kenaikan besaran upah regional ini sebenarnya bisa membantu meningkatkan kesejahteraan dan juga kemampuan konsumsi masyarakat kelas menengah ke bawah. Tetapi, karena tahun 2019 merupakan tahun politik, tentunya pengusaha akan semakin berhati-hati dalam membelanjakan keuangan yang mereka miliki.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top