Lifestyle

Tiga Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Makan Sehat

Sumber: 123rf

Menjadi lebih sehat merupakan salah satu resolusi yang paling sering ditemukan ketika menghadapi pergantian tahun. Apakah Anda salah satu yang menjadikan hal itu resolusi tahun baru? Setelah menjalani separuh tahun 2019, sudahkah Anda mewujudkannya?

“Ketika Anda melakukan perubahan 180 derajat dari gaya hidup sebelumnya, itu akan sangat sulit. Apa pun yang ingin Anda rubah, sebaiknya Anda lakukan perlahan. Jadikan hal tersebut menjadi rutinitas,” ujar Nicole Lund, ahli gizi dari New York University.

Mengubah kebiasaan tentu menjadi hal yang sulit. Namun, perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dengan lebih baik. Berikut merupakan kebiasaan baik yang perlu digiatkan, dirangkum oleh GQ.

1. Pahami Kesehatan Usus

Pemahaman yang dimaksud di sini adalah mampu mengontrol keinginan makan. Banyak orang yang hanya mengikuti nafsu makan sehingga melupakan kesehatan organ dalam tubuh. Tidak juga mengatur keseimbangan makanan yang masuk.

Di dalam tubuh, terdapat mikroorganisme yang membantu manusia mencerna makanan dan menyerap nutrisi makanan, yaitu probiotik. Biasanya, mikroorganisme itu dapat ditemukan di yogurt atau cuka apel. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik mampu membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Perhatikan Makanan untuk Cemilan

Kebiasaan ngemil menjadi sesuatu yang buruk apalagi jika dilakukan di malam hari. Meski mengikuti tata cara makan dengan mengunyah 32 kali dan meyakini makanan telah tercerna dengan baik. Hal yang mengkhawatirkan justru kandungan makanan.

Cemilan biasanya mengandung banyak gula, lemak, dan natrium. Ngemil boleh saja dilakukan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Contohnya, kacang tanah yang diproses tanpa menambahkan lemak dan gula.

3. Minum Lebih Banyak Air

Menjauhi dehidrasi menjadi sesuatu yang penting. Karena, minum membantu tubuh untuk membersihkan racun dalam tubuh. Tidak hanya meminum air, memakan sayur atau buah yang mengandung banyak air seperti stroberi, selada, seledri, dan nanas bisa menjadi pilihan.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top